Beranda Headline Khofifah Emil Siap Lanjutkan Faksi Jatim Warisan Soekarwo

Khofifah Emil Siap Lanjutkan Faksi Jatim Warisan Soekarwo

200
0

SIAGAINDONESIA.COM Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa mengaku siap melanjutkan “Faksi Jatim” untuk menjaga keharmonisan dan kondusifitas yang selama ini terjalin di antara Pemprov Jatim dengan DPRD Jatim. Ini salah satu hal yang menjadi pembicaraan dari pertemuan antara Khofifah Indar Parawansa, wagub Jatim terpilih Emil Dardak , Gubernur Jatim Soekarwo dengan jajaran  pimpinan  DPRD Jatim di ruang VIP DPRD Jatim dan Gubernur Soekarwo, Minggu malam (10/2/2019).

Wakil ketua DPRD Jatim dari Fraksi Partai Gerindra Tjutjuk Sunarjo kepada sejumlah wartawan di ruangannya, Senin (11/2/2019) saat ditanya agenda pertemuan Minggu malam tersebut.  Pertemuan tertutup itu berlangsung kata Tjutjuk penuh dengan kekeluargaan mulai pukul 20.00 WIB – 22.30 WIB. Sedangkan inti dari silaturrahim adalah mempertemukan antara Gubernur Jatim yang akan dilantik dengan yang akan diganti.

Politisi Gerindra Jatim ini mengatakan bahwa inti pertemuan tadi malam adalah berharap faksi Jatim yang selama ini ikut mengawal pemerintahan Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo dan Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim bisa dipertahankan dan dilanjutkan di era kepemimpinan Khofifah-Emil lima tahun ke depan.

“Di DPRD Jatim itu yang ada adalah faksi Jatim sebab fraksi-fraksi yang ada di DPRD Jatim lebih mengutamakan kepentingan Jatim daripada kepentingan kelompok dalam pengambilan keputusan politik. Dan Khofifah juga setuju untuk dipertahankan,” tegas politisi asal Partai Gerindra.

Sementara itu Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar,  yang dikonfirmasi terpisah menjelaskan  pertemuan tersebut sama saja dengan ta’aruf menyongsong pelantikan Gubernur Jatim yang akan dilantik dengan yang akan diganti. Sebab DPRD Jatim punya kepentingan untuk itu. “Kita ini kan mempertemukan yang akan dilantik dan akan segera purna tugas. Sekaligus menjelaskan kepada yang baru bagaimana yang sudah kita lakukan agar Jatim tetap tenang dan kondusif. Sebab faktanya kan memang meski di dewan banyak fraksi yang berbeda.
namun tetap hanya ada satu faksi, diatasi kepentingan semua pihak,” jelasnya.

Lebih jauh Ketua DPW PKB Jatim itu menjelaskan, itu kenapa selain pimpinan dewan, pertemuan Minggu malam itu juga sengaja melibatkan ketua-ketua fraksi. “Alasannya, keputusan politik di DPRD Jatim itu sejatinya ada di tangan fraksi-fraksi,” pungkasnya Nang