Beranda Headline Pintu Masuk KPK Menyasar Kemenag Di Daerah

Pintu Masuk KPK Menyasar Kemenag Di Daerah

1055
0
Mahfud MD.

Oleh: Didik Purwanto

KETERANGAN mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD di salah satu acara televisi swasta nasional beberapa waktu lalu, bisa jadi bumerang.

Pasalnya, aparat penegak hukum bisa saja mempelototi pengisian jabatan di lingkup Kementerian Agama (Kemenag) khususnya di daerah. Baik pengisian jabatan kepala seksi, kepala bidang maupun lainya.

Dalam poinya Mahfud MD menyarankan kepada Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin agar melakukan reassessment atau penilaian ulang secara total terhadap jajaran pejabat di lingkup lembaga yang dipimpinnya itu.

Pernyataan tersebut menyusul atas dugaan terbongkarnya kasus jual beli jabatan di Kemenag RI, yang menyeret mantan petinggi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru-baru ini.

Penjelasan Mahfud MD itu bisa dimaknai timbul masalah baru yang harus diungkap dari lingkup Kemenag.

Sudah jelas diterangkan, pengangkatan dan pemberian jabatan di lingkungan Kemenag dilakukan secara tidak profesional. Oleh karenanya, masalah ini harus segera dituntaskan secara hukum administrasi negara.

Merujuk hal tersebut, ini bisa menjadi pintu masuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengungkap lebih jauh soal pengisian jabatan di lingkup Kemenag yang ada di daerah.

Sekarang yang menjadi satu pertanyaan? Apakah jabatan di lingkup Kemenag itu bisa diisi dari PNS nonstruktural. Apalagi dalam sebulan langsung bergeser posisinya dari Kasi A ke Kasi B. Jika itu terjadi siapa yang salah?

*) Penulis adalah wartawan siagaindonesia.com