Beranda Headline Kiai Asep: Tidak Ada Rekomendasi, Silahkan Cari

Kiai Asep: Tidak Ada Rekomendasi, Silahkan Cari

264
0
Kiai Asep

SIAGAINDONESIA.COM – Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy atau Romy, menolak tudingan dirinya terlibat jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Itu dikatakan di depan wartawan usai menjalani pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Romy mengaku dirinya hanya penyampai aspirasi karena posisinya sebagai wakil rakyat di DPR. Juga menyebut Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ikut merekomendasi Haris Hasanuddin menjadi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur. Dan, Kiai Asep Saifuddin Chalim, Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah.

Menanggapi itu, Kiai Asep memberikan klarifikasi. Dikatakan, yang disampaikan Romy tidak benar.

“Kalau saya dibilang merekomendasi nama Haris untuk menjadi Kakanwil Kemenag Jatim, itu tidak benar. Kalau ditanya siapa Haris, saya menjawab dia adalah santri saya, selama tiga tahun dia mengaji ke saya sejak menjadi mahasiswa,” kata Kiai Asep di Ponpes Amanatul Ummah, Jalan Siwalankerto Surabaya, Jumat (22/3/2019) malam.

Kiai Asep tegas menyebut tidak pernah memberikan rekomendasi kepada Romahurmuziy untuk memilih Haris. Apalagi rekomendasi tertulis. “Tidak ada, apalagi rekomendasi tertulis, silahkan dicari,” tegasnya.

Sementara, KPK akan mengklarifikasi tudingan Romahurmuziy soal keterkaitan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Kiai Asep dalam proses pengisian jabatan di Kanwil Kementerian Agama Jatim.

“Tersangka bisa saja menyebut pihak lain dalam kasus yang menjeratnya. Tentu KPK punya tanggung jawab untuk melihat ada atau tidak relevansinya dengan pokok perkara,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jumat (22/3/2019).

KPK menetapkan Romi sebagai tersangka bersama Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi.

Romi diduga menerima suap Rp300 juta, rinciannya Rp50 juta dari Muafaq dan Rp250 juta dari Haris.tji