Beranda aneka Dankodiklatad Dorong Percepatan Kerjasama IOF Dan BNPB Guna Penanggulangan Bencana

Dankodiklatad Dorong Percepatan Kerjasama IOF Dan BNPB Guna Penanggulangan Bencana

191
0
Dankodiklatad bersama Kepala BNPB
Dankodiklatad bersama Kepala BNPB

SIAGAINDONESIA.COM Pengurus Pusat Indonesia Offroad Federation (IOF) mulai meningkatkan kerjasama antar lembaga yang merupakan salah satu dari program kerja kepengurusan yang baru dibawah pimpinan Ketua PP IOF Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH. Ketua Dewan Pembina IOF, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos terus mendorong dan memfasilitasi percepatan kerjasama antara IOF dan lembaga lainnya salah satunya yaitu dengan BNPB. Hal ini disambut baik oleh Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo, sehingga membuahkan hasil adanya nota kesepahaman antara BNPB dan IOF tentang penanggulangan bencana yang ditandatangani di Graha BNPB, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Ketua Dewan Pembina IOF, yang akrab dipanggil Bro Putranto, mengatakan bahwa setiap kegiatan komunitas ini bukan hanya sekedar menyalurkan hobi, namun juga harus dapat bermanfaat bagi masyarakat dan khalayak secara umum. “Bahwa anggota komunitas IOF memiliki suatu kelebihan, yakni menggunakan kendaraan yang dapat memasuki wilayah yang sukar dijangkau dengan kendaraan biasa, sehingga hal ini dapat menjadi nilai tambah dalam proses penanganan bencana,”kata Ketua Dewan Pembina IOF.

Sementara itu, Kepala BNPB menjelaskan, bahwa selama ini komunitas dan lembaga usaha hanya berfokus pada masa fase tanggap darurat saja, sehingga adanya nota kesepahaman antara BNPB dan IOF ini merupakan salah satu wujud berbagi antara komunitas dengan pihak pemerintah guna melaksanakan kegiatan yang bermanfaat serta berdampak positif bagi masyarakat Indonesia termasuk sektor sosial dan kemanusiaan khususnya dalam melaksanakan pencegahan dan penanggulangan bencana.

“Sejak tsunami Aceh tahun 2004 silam, IOF kerap berada di garis terdepan dalam penyaluran bantuan kepada korban bencana alam. Hal ini dapat dilakukan dengan kendaraan offroad dengan perlengkapan recovery sehingga banyak lokasi terisolir dapat ditembus guna memberikan bantuan sosial. Untuk kedepannya program peningkatan SDM IOF di bidang SAR dan penanggulangan bencana akan ditingkatkan sesuai dengan nota kesepahaman yang dibuat,”jelas Kepala [email protected]