Beranda aneka Terkait LADK, Di Ngawi Semua Parpol Aman Tidak Ada Pencoretan

Terkait LADK, Di Ngawi Semua Parpol Aman Tidak Ada Pencoretan

196
0

SIAGAINDONESIA.COM – Samsul Wathoni Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngawi memastikan 16 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 aman. Artinya semua parpol sudah menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) sesuai yang diatur UU Nomor 07 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Kemarin memang ada satu partai yang dilaporkan Bawaslu Ngawi terkait hal ini yakni Partai Garuda. Dan sudah disidang sama Bawaslu Jatim hasilnya clear tidak ada masalah,” terang Toni Ketua KPU Ngawi, Sabtu, (23/03/2019).

Dijelaskan, berdasarkan ketentuan Pasal 334 ayat (2) UU Pemilu ditentukan bahwa parpol peserta Pemilu, baik di tingkat pusat, tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota wajib menyerahkan LADK kepada KPU.

Penyerahan LADK paling lambat 14 hari sebelum hari pertama jadwal pelaksanaan kampanye dalam bentuk rapat umum yang kalau dihitung itu jatuh pada 10 Maret 2019.

“Pencoretan KPU pusat tidak berimbas di Ngawi. Disini semua parpol sudah melengkapi berkas administrasi yang diperlukan,” tandas Toni.

Sebagaimana diketahui, KPU pusat membatalkan 11 parpol sebagai peserta pemilu di sejumlah provinsi dan kabupaten/kota. Pembatalan dilakukan karena parpol tidak menyampaikan LADK.

Sesuai ketentuan Pasal 338 Ayat (1) UU Pemilu, parpol peserta pemilu yang tidak menyerahkan LADK sesuai dengan batas waktu yang ditentukan akan dikenai sanksi yaitu berupa pembatalan sebagai peserta pemilu pada wilayah yang bersangkutan. (pr)