Beranda Headline MUI Gresik Siapkan Maklumat Ke Ulama Untuk Sosialisasi Pemilu 2019

MUI Gresik Siapkan Maklumat Ke Ulama Untuk Sosialisasi Pemilu 2019

251
0
SIAGAINDONESIA.COM Agar tingkat berpartisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu, yang akan berlangsung pada 17 April 2019 tinggi. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik, berencana membuat maklumat bagi para penceramah yang berada diwilayah setempat. Supaya saat berkhutbah pada Sholat Jumat khususnya, disampaikan kejamaahnya.
Usulan maklumat itu, mencuat ketika KPU Kabupaten Gresik mengelar sosialisasi Pemilu 2019 di kantor MUI setempat, Selasa (26/3/2019).
Menurut, Ketua MUI Kabupaten Gresik Bidang Fatwa Hukum dan Pengajian KH Ainur Rofiq Toyyib , bahwa tujuan dari maklumat yang akan dilakukan pihaknya itu. Agar tingkat partisipasi masyarakat, dalam perhelatan 5 tahunan itu berlangsung sesuai harapan semua pihak.
“Jika sudah disepakati usulan seruan tersebut, maka MUI Gresik akan mengirimkan surat seruan ke MUI ditingkat Kecamatan. Sebingga, bisa diteruskan ke Masjid-Masjid se Kabupaten Gresik,” ujarnya.
“Pemilu itu wajib diikuti oleh setiap warga negara, terutama bagi yang memiliki hak pilih. Sebab, tujuan dari Pemilu itu kan jelas untuk membangun negara ini menjadi semakin lebih baik,” tuturnya.
Di tambahkannya, bahwa maklumat itu muncul dari rasa prihatin para ulama. Terhadap, kondisi masyarakat yang mulai apatis pada sosok calon pemimpin bangsanya. Akibat, banyak berita bohong (hoax) yang sering diterima masyarakat pada kesehariannya.
“Isi maklumat, diantaranya meminta para prnceramah atau pekhutbah saat Sholat Jumat bisa menyelipkan seruan kepada jamaahnya. Agar ikut berpartisipasi pada Pemilu dan melarang mereka (masyarakat) untuk golput,” tegasnya.
Namun saat menyampaikan maklumat, para Kotib (penceramah) jangan sampai mengarahkan kesalah satu kandidat. Penyampai maklumat harus berada di tengah-tengah, bukan pada posisi memihak siapapun,” lanjutnya.
Ditanya kapan maklumat itu akan disebarluaskan, KH Ainur Rofiq Toyyib menyatakan secepat akan dilakukan. “Insya Allah, dalam beberapa hari kedepan maklumat MUI akan disebarkan,” tukasnya.
“Prinsipnya maklumat itu, bersifat himbauan dan menyerukan agar politik pada Pemilu 2019. Dikemas sesuai aturan, serta menjaga tatanan berbangsa dan bernegara dengan baik dan benar,” tandasnya.
“Kepada masyarakat pemilih, MUI berpesan jadilah masyarakat yang cerdas, arif dan bijaksana dalam menentukan sikap pilihan. Rakyat harus konsisten dalam memilih orang yang dianggap tepat menjadi pemimpin bangsa. Sehingga, tercipta kondusifitas dan kemakmuran bangsa,” tutupnya. Zer