Beranda aneka Pimpinan DPRD Gresik Desak Normalisasi Kali Lamong Segera Dilakukan

Pimpinan DPRD Gresik Desak Normalisasi Kali Lamong Segera Dilakukan

123
0

SIAGAINDONESIA.COM Banjir luapan air Kali Lamong, yang mengenangi sejumlah Desa di 4 Kecamatan di Kabupaten Gresik. Membuat kalangan legislatif setempat, turun kelapangan untuk melihat langsung kondisi banjir yang sudah terjadi sejak Selasa (25/3/2019) kemarin.

Wakil Ketua DPRD Nur Qolib menyatakan bahwa persoalan banjir sebelum kejadian, telah dibahas pihaknya dalam rapat kerja bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) beserta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

“Sebelum kejadian persoalan banjir ini, sudah sempat kami bahas pada beberapa hari yang lalu bersama pihak yang berwenang. Sebab, jika tidak ditanggani dengan tepat banjir yang terjadi setiap musim hujan tidak akan perna ada solusi,” ujarnya kepada Siagaindonesia.com, Rabu (27/3/2019).

“Saat saya mendatangi lokasi banjir di Kecamatan Benjeng, selain pemukiman warga sentra ekonomi masyarakat. Yakni, Pasar Benjeng menjadi salah satu lokasi yang rutin kebanjiran. Ini tidak boleh dibiarkan dan harus diambil langkah solutif agar roda perekonomian masyarakat tidak terhenti,” tuturnya.

Di tambahkan politisi senior ini, bahwa banjiran yang terjadi wilayah Kecamatan Benjeng itu. Telah merendam 6 Desa, yaitu Desa Lundo, Munggugianti, Bulurejo, Sedapurklagen, Deliksumber dan Desa Kedungrukem.

Selain rumah, masjid, sekolahan dan areal persawahan, jembatan yang membentang di atas Kali Lamong yang menjadi akses warga juga mengalami kerusakan setelah diterjang banjir. Untuk itu, normalisasi bantaran aliran Kali Lamong harus segera dilakukan,” tegasnya.

“Harus ada pembenahan menyeluruh di bantaran Kali Lamong, agar musibah rutin ini bisa ditangani dan tidak terulang lagi setiap musim hujan tiba,” tandasnya. Zer