Beranda aneka Warga Pulau Bawean Gresik Banyak Yang Belum Tercover e-KTP

Warga Pulau Bawean Gresik Banyak Yang Belum Tercover e-KTP

116
0
SIAGAINDONESIA.COM Untuk mendata dan melakukan perekaman e-KTP (KTP elektronik), bagi masyarakat yang belum melakukannya. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Gresik, melakukan upaya jemput bola dengan mendatangi rumah warga di Pulau Bawean.
Wakil Bupati (Wabup) Gresik, Muhammad Qosim mengatakan bahwa langkah tersebut dilakukan pihaknya melalui Dispendukcapil. Karena banyak dari masyarakat di Pulau Bawean, yang belum tercover e-KTP. Padahal, setiap warga negara harusnya sudah memilikinya sebagai indentitas diri yang digunakan untuk kepentingan umum.
“Dengan jemput bola atau mendatangi langsung warga untuk dilakukan perekaman langsung di lokasi tempat tinggalnya. Kami berharap tidak ada lagi, warga yang tidak tercover e-KTP,” ujarnya, Kamis (28/3/2019).
“Selain e-KTP, masyarakat juga bisa mengajukan kartu keluarga (KK), Akta Kelahiran maupun Akta Kematian. Sehingga, bisa meringkankan beban masyarakat Pulau Bawean untuk tidak jauh-jauh datang ke Kantor Dispendukcapil,” tuturnya.
Lebih lanjut Wabup mengatakan, bahwa perekaman e-KTP dan pembuatan akta kelahiran maupun administrasi kependudukan lainnya dengan jemut bola tersebut akan lebih memudahkan masyarakat.
“e-KTP sangat penting bagi masyarakat untuk melakukan  segala urusan, seperti masuk sekolah, akses pelayanan kesehatan  dan lain sebagainya,” tukasnya.
“Maka dari itu, kepada masyarakat diharapkan harus menyadari pentingnya administrasi kependudukan. Untuk mengurus itu semua, bukan merupakan hal yang sulit. Namun manfaatnya akan dirasakan kelak dikemudian hari,” pungkasnya. Zer