Beranda aneka Perangi Hoax, Khofifah Ajak Satpol PP Manfaatkan Dunia Digital

Perangi Hoax, Khofifah Ajak Satpol PP Manfaatkan Dunia Digital

101
0
Gubernur Jatim Khoffifah Indar Parawansa saat menghadiri HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-69, Pemadam Kebakaran ke-100, dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-57 tahun 2019 di Alun-alun Rekso Gati, Kota Caruban, Mejayan, Madiun, Kamis (28/3/2019).

SIAGAINDONESIA.COM Satpol PP diminta untuk tanggap dalam menghadapi tantangan di tengah merebaknya berita hoax dan ujaran kebencian. Untuk itu, Satpol PP Kabupaten Madiun dapat memanfaatkan dunia digital IT.

Hal ini disampaikan Gubernur Jatim Khoffifah Indar Parawansa saat menghadiri HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-69, Pemadam Kebakaran ke-100, dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-57 tahun 2019 di Alun-alun Rekso Gati, Kota Caruban, Mejayan, Madiun, Kamis (28/3/2019).

“Sebagai bagian dari perekat bangsa, maka hari ini Satpol PP pertama akan menghadapi tantangan.  Dan tantangan dan tantangan itu adalah digital IT. Banyak berita merebaknya hoax, merebaknya fitnah, merebaknya ujaran kebencian,” ujar Khoffifah.

Khofifah melanjutkan, dengan kemajuan dunia digital IT tersebut, dirinya tidak ingin ada potensi perpecahan atau disintegrasi yang tidak terdeteksi.

Peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-69, Pemadam Kebakaran ke-100, dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-57 tahun 2019 di Alun-alun Rekso Gati, Kota Caruban, Mejayan, Madiun, Kamis (28/3/2019).

Dalam waktu ke depan pihaknya memerintahkan semua Kasatpol PP untuk memberikan training kepada seluruh anggotanya.

“Seiring merebaknya ujaran kebencian, yaitu sesuatu yang potensi dalam hal membangun integritas bangsa. Kita tentu tidak ingin bahwa ada potensi disintegrasi yang tidak terdeteksi. Maka deteksi itu selain oleh elemen yang lain juga adalah oleh Satpol PP. Mereka harus mengetahui dunia yang memang fakta kebenaran maka kita harus menunjukkan yang benar adalah benar dan salah. Harus ada briefing training dan penguatan kapasitas,” tandasnya.

Didampingi Bupati Madiun H Ahmad Dawami, dalam peringatan hari Damkar ke 100 dan hari Satpol PP ke 69 ini, Khofifah ingin menjaga sikap netralitas ASN.

“Satpol PP punya ruang yang cukup strategis, apalagi menjelang Pilpres dan Pileg serentak. Maka saya berharap Satpol PP bisa melaksanakan tugas dengan baik dan tegas untuk menjaga netralitas ASN terutama ada di pundak Satpol PP. Jagalah dinamika dengan penuh harmoni, jagalah dinamika dengan suasana yang tetap kondusif,” pungkasnya.dem