Siagaindonesia.com Sebanyak 14 anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA. Mereka mengikuti UNBK di SMA YP Kota Blitar yang ada di Jalan Tanjung, Kota Blitar.

Dari 14 anak binaan ini lima diantaranya sudah dipulangkan dan sembilan anak masih menjalani pembinaan. Meski sudah pulang, namun mereka tetap mengikuti UNBK, agar mereka dapat melanjutkan ke pendidikan ke jenjang selanjutnya. “Mereka tetap mengikuti UNBK, meski sudah di rumah, agar mendapatkan masa depan yang lebih baik,” ungkap Andik Ariawan, Kepala Seksi Pembinaan LPKA Kelas I Blitar saat mendampingi anak binaan UNBK di SMA YP, Senin (01/04).

Andik menjelaskan, bahwa untuk anak binaan ini, sudah mengikuti tembaganya pelajaran selama satu bulan di SMA YP Kota Blitar. Mereka juga sudah mengikuti tryout yang dilaksanakan oleh SMA YP untuk persiapan mengikuti UNBK.

Andik menjelaskan, bahwa para anak binaan LPKA ini nanti juga mendapatkan ijazah yang dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ia berharap mereka nanti yang sudah keluar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan tidak ada stigma sebagai seorang anak nakal.

Lanjut Andik, dari sembilan anak binaan yang masih menjalani pembinaan di LPKA mereka datang dari Surabaya, Sidoarjo, Nganjuk, dan Kediri. Rata-rata mereka terjerat kasus perlindungan anak sebanyak lima anak, kasus narkoba satu anak, dan tiga anak kasus kriminal umum.oby