Beranda aneka Menjelang ‘Coblosan’ Caleg Sok Akrab Tonggo Dewe Bolo Dewe

Menjelang ‘Coblosan’ Caleg Sok Akrab Tonggo Dewe Bolo Dewe

257
0

SIAGAINDONESIA.COM – Suhu politik menjelang Pemilihan Presiden RI dan Pemilihan Legislatif 2019 di sejumlah daerah di Indonesia mulai memanas, tidak hanya di kalangan partai politik dan tim sukses capres-cawapres, melainkan juga di kalangan calon legislatif.

Kondisi panas tersebut mendadak berubah lembut ‘mencari mangsa’ terhadap empunya pemegang suara. Seperti di Ngawi, Jawa Timur disetiap sudut menjamur APK caleg hampir semuanya bertuliskan kalimat monoton ‘konco dewe, bolo dewe, dan tonggo dewe’ seolah dengan itu bisa merebut hati pemilih.

“Kalau di Ngawi ini saya lihat mayoritas gambarnya bertuliskan kalimat itu-itu saja. Padahal kalau ingin diperhatiin masyarakat ya kreatif dalam menuliskan caption di APK biar nyeleneh gitu,” terang Cak Betmen nama samaran salah satu warga Ngawi, Jum’at, (29/03/2019).

Menurutnya, tim sukses masing-masing caleg dituntut memahami pasar politik menjelang coblosan 17 April 2019. Kampanye tidak perlu lagi adu gontok maupun saling hujat. Melainkan tips jitu harus diterapkan jika kepengen mendapat suara diluar kontek memamerkan program kerakyatan. (pr)