Beranda News Akibat Salah Alamat, Rian Subroto Tidak Hadir Sidang Dua Mucikari Vanessa

Akibat Salah Alamat, Rian Subroto Tidak Hadir Sidang Dua Mucikari Vanessa

185
0
Vanessa Angel Didalam Ruang Sidang Garuda 1 PN Surabaya, (foto: Ad)

SIAGAINDONESIA.COM Tidak hadirnya Rian Subroto, seorang pengguna jasa ‘esek-esek’ Vanessa Angel di persidangan dua mucikari di PN Surabaya, dikarenakan surat panggilan tersebut salah alamat, Senin (1/4/2019)

Sidang dimulai sekitar pukul 15.00 WIB digelar hampir 30 menit di ruang sidang Garuda 1 PN Surabaya berlangsung tertutup. Terlihat hanya Vanessa yang hadir menjadi saksi dalam persidangan dua terdakwa, yakni Endang Suhartini atau Siska dan Tentri Novanta alias TN.

Usai sidang, Franky Waruru selaku kuasa hukum dari Siska menjelaskan, saksi Rian Subroto tidak bisa hadir, karena berdasarkan keterangan di persidangan bahwa pengiriman surat panggilan salah alamat.

“Dari keterangan yang kami terima di persidangan tadi, bahwa salah alamat. Benar surat dikirim, tapi salah alamatnya. Usernya yang ingin kita hadirkan ya si pengguna jasa (Rian Subroto) itu. Menurut dakwaan ya Lumajang,” kata Franky saat dikonfirmasi awak media di Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (1/4/2019)

Terkait benar adanya Rian Subroto, Franky serahkan kembali pada Jaksa Penuntut Umum (JPU). “Ada tidaknya itu tergantung bagaimana JPU bisa menghadirkan apa tidak. Kalau JPU bisa menghadirkan, nanti kita membuktikan apakah usernya ada atau tidak. Apakah usernya itu orang biasa atau bukan,” imbuhnya.

Terpisah, JPU Novan Arianto dari Kejati Jatim menjelaskan jika saksi Rian Subroto tidak bisa hadir sebagai saksi, karena belum mendapatkan konfirmasi dari yang bersangkutan.

“Kalau Rian belum ada konfirmasi. Kami sudah melayangkan bantuan penyidik Polda Jatim untuk pemanggilan Rian. Tapi belum ada konfirmasi kehadiran. Tapi ini baru pemanggilan pertama. Tapi kami akan panggil pada tanggal 8 untuk minggu depan,” papar Novan.

Terdakwa Siska dan Tentri merupakan mucikari kasus prostitusi online yang dijerat dengan Pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 ayat 1 UU RI No. 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Ady