Beranda Headline Kanimsus Surabaya Serahkan Paspor CJH 2019

Kanimsus Surabaya Serahkan Paspor CJH 2019

107
0
Kakanwil Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Barlian serahkan paspor haji

SIAGAINDONESIA.COM – Kementerian Hukum dan HAM RI, Kantor Wilayah Jawa Timur, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, telah merampungkan pembuatan paspor haji untuk calon jamaah haji (CJH) tahun 2019. Dari sebanyak 6991 pemohon paspor, yang sudah rampung sebanyak 3488 paspor, dan 339 sisanya masih dalam proses.

“Paspor Haji yang sudah selesai sebanyak 3488 dari jumlah pemohon sebanyak 6991, dan sisanya sebanyak 339 masih proses, tidak butuh waktu lama, seminggu kedepan bisa selesai,” kata Kakanwil Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Barlian, saat konferensi pers, Rabu (4/4/2019).

Secara simbolis, penyerahan paspor haji 2019 diterimakan dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya Barlian, didampingi Kabag TU Habibukrahman, Kabid Tikim Nanang Mustofa, Kabid Doklanintal Ramdhani, Kabid Inteldakim Arief Satoto, Kasi Komunikasi RA. Tyas Kristyaninrum, kepada Kepala Kemenag Kota Surabaya; Kabupaten Sidoarjo, serta Kota dan Kabupaten Mojokerto,

Selain menyerahkan paspor, saat yang sama juga disampaikan Capaian Kinerja Triwulan Pertama Kanwil Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya.

“Untuk Kota Surabaya jumlah pemohon paspor CJH sebanyak 2508 paspor, Kab. Sidoarjo 2269 paspor, sedangkan Kota Mojokerto hanya 72 paspor jumlahnya lebih sedikit dari Kab. Mojokerto yakni sebanyak 2142 paspor,” ujar Barlian.

Ditambahkan, proses penerbitan paspor bagi CJH diawali dengan kegiatan Tim Mobile yang melakukan perekaman biometrik CJH langsung di Kantor Kementerian Agama masing-masing.

Barlian mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada bawahannya, khususnya bagian pelayanan paspor yakni Bidang Doklanintal yang telah berhasil menyelesaikan penerbitan paspor, meski bekerja hingga larut

Menurutnya, kesuksesan pembuatan paspor haji merupakan koordinasi yang baik antara Kanimsus Surabaya sebagai penerbit paspor dengan Kantor Kementerian Agama di masing-masing Kota dan Kabupaten.

“Ini sesuai harapan saya, sehingga pelayanan kepada calon jemaah haji lebih cepat. Saya berharap para calon jemaah haji nantinya bisa menjadi haji yang mabrur dan bersiap untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini,” tambahnya.

Dengan selesainya paspor haji perwakilan dari Kemenag masing-masing daerah mengapresiasinya, misalnya dari Surabaya.

“Kami sangat senang karena Kanimsus Surabaya telah selesaikan paspor hijau ini lebih awal. Dibanding tahun-tahun sebelumnya, pengurusan paspor tahun ini lebih cepat,” ujar Mukti Ali yang mewakili Kemenag Mojokerto.tji