Beranda aneka Melalui FGD, Samakan Persepsi Penyiapan Sarana Dan Prasarana Komduk TNI AL

Melalui FGD, Samakan Persepsi Penyiapan Sarana Dan Prasarana Komduk TNI AL

145
0
Forum Group Disoussuon
Forum Group Disoussuon

SIAGAINDONESIA.COM Untuk mendukung tertatanya sarana dan prasarana nasional komponen pendukung matra laut yang mampu memberikan dukungan daya gerak, daya kejut dan daya tembak dalam operasI tempur di laut Kernentenan Pertahanan (Kemhan) melalui Direktorat Jenderal Potensu Pertahanan (Dunen Pothan) dan Dirkomduk (Direktorat Komponen Pendukung) menggelar Forum Group Disoussuon (FGD) di Wisma Setya Bhakta Kemhan, Jl. Matraman Raya, Jakarta Timur, Kamls (4/4/19).

Direktur Komduk Kemhan Tristan mengatakan, bahwa FGD yang bertujuan untuk menyamakan persepsi penyiapan sarana dan prasarana Komponen Pendukung (Komduk) TNI Angkatan Laut.

“Sarana dan prasarana nasional komponen pendukung meliput transportasi laut, kesehatan, telekomunikasi kapal, pendidikan dan pelatihan (Diklat), depo logistik dan migas serta pendistribusiannya, pemeliharaan dan perbaikan serta industri nasional maritim,”kata Direktur Komduk Kemhan .

Menurutnya, untuk mendorong penyiapan sarana dan prasarana komponen pendukung pertahanan negara, hingga kini TNl AL melakukan implementasi pemberdayaan wilayah dengan melaksanakan pendataan atau inventarisir sarana maupun prasarana yang dikelompokan kegunaannya dalam mendukung kepentingan pertahanan Matra Laut.

“Pendataan atau pengelompokkan yang disesuaikan dengan norma. stander dan kriteria akan menjadi dasar serta acuan TNI AL dalam memberikan masukan sehingga sarana dan prasarana yang ditetapkan sebagai komponen pendukung langsung dapat memberikan dukungan yang efektif dengan secara tidak meningkatkan kekuatan maupun kemampuan komponen utama serta komponen cadangan saat menghadapi ancaman militer,”ujarnya.

Dirkomduk Kemhan berharap kegiatan FGD ini dapat memberikan input serta saran tentang urgensi dan juga substansi kebutuhan sarana dan prasarana nasional secara teknis oleh TNI AL.

Adapun nara sumber yang hadir diantaranya Aspotmar Kasal, Laksma TNI Ferial Pachroni
DirJakstra Ditjen Strahan Kemhan, Brigjen TNI Bonipasius Widiyanto S,S.H, Dirkomduk Dutjen Pothan Kemhan Pembina utama Muda IV/c Ir T. Soemardjono, MM, Kasubdis Sarpras Ditkomduk Ditjen Pothan, Kolonel Inf Purwanto, S.H, Analisa Madya Ditkomduk Ditjen Pothan sebagai moderator, Kolonel Arh Rochim Setiawan [email protected]