Beranda News Ribuan Surat Suara Rusak Di KPU Gresik Belum Dapat Ganti

Ribuan Surat Suara Rusak Di KPU Gresik Belum Dapat Ganti

122
0

SIAGAINDONESIA.COM Meski pelaksanaan Pemilu tinggal 11 hari lagi kedepan, tepatnya pada 17 April 2019 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik, belum memperoleh penganti surat suara yang rusak.

Ketua KPU Gresik Akhmad Roni, mengakui bahwa pihaknya memang belum menerima penganti surat suara yang rusak. “Terkait adanya surat suara yang rusak itu, kami sudah berkordinasi dengan KPU Pusat,” ujarnya kepada Siagaindonesia.com, Sabtu (6/4/2019).

“Sejak ditemukannya surat suara yang rusak saat kita lakukan penyortiran, kami langsung berkirim surat ke KPU RI. Surat yang kami kirim itu, tertanggal 16 Maret 2019 lalu, yang isinya meminta penganti surat suara yang rusak. Sebab, jumlahnya cukup banyak,” ucapnya.

Di tambahkan Roni, bahwa surat suara yang ditemukan rusak itu kondisi fisiknya ada yang sobek, kurang sempurna dalam cetakan, gradasi warna yang tidak sesuai serta ada bercak warna dibeberapa bagiannya.

“Berdasarkan data KPU Gresik, jumlah surat suara yang rusak ada sebanyak 10.477 lembar. Dari total 10.447 surat suara yang rusak itu, rinciannya 558 lembar kertas surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

Kemudian ada, 3.115 lembar untuk pemilihan anggota DPD RI. sebanyak 627 lembar DPR RI. Sebanyak 1.954 lembar untuk DPRD Provinsi, dan sebanyak 4.193 lembar surat suara yang rusak untuk DPRD Kabupaten/Kota,” urainya.

“Pengganti surat suara yang rusak, informasinya akan dikirim oleh KPU RI dalam beberapa hari kedepan ini. Kami berharap bisa secepatnya, menginggat pelaksanaan Pemilu tinggal beberapa hari lagi,” pungkasnya. Zer