Beranda aneka Pencoblosan di RW VIII Rungkut Mapan Barat Dahulukan Difabel

Pencoblosan di RW VIII Rungkut Mapan Barat Dahulukan Difabel

156
0

SIAGAINDONESIA.COM Rukun Warga (RW) VIII Perumahan Rungkut Mapan Barat (Erembe) Surabaya menggelar simulasi Pemilihan Umum 2019, Minggu (7/4/2019). Dalam simulasi tersebut, warga difabel mendapat kesempatan terlebih dahulu untuk menentukan hak pilihnya.

RW VIII Erembe memiliki empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan masing – masing 300 pemilih, total keseluruhan 1200 pemilih. Data tersebut meliputi 47 persen laki-laki, 53 persen perempuan dan 41 persen pemilih pemula. Sementara data warga dengan disabilitas meliputi 2 tuna rungu, 2 difabel, dan 1 tuna netra. Untuk pemilih tuna netra, bisa dilakukan pendampingan setelah menandatangani formulir C3 atau formulir pernyataan pendamping merahasiakan pilihan pemilih di setiap TPS.

“Pendamping boleh menemani masuk bilik setelah menandatangani surat pernyataan,” terang Wahyu P Kuswanda, Ketua RW VIII Rungkut Mapan Barat.

Simulasi ini, lanjut Wahyu, juga sebagai upaya untuk mengetahui kesiapan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan para pemilih.

“Kita benar – benar siapkan agar dalam pemilu nanti tidak ada hal yang membatalkan hak pilih, selain mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi pada Pemilu nanti,” sambungnya.

Terlebih ada lima surat dan kotak suara yang harus dipilih pada pesta demokrasi 17 April nanti.

“Kuncinya adalah keterampilan dan kecepatan KPPS dalam melayani pemilih,” pungkas Wahyu.Pak_Dik