Beranda aneka Samsat Ngawi Perkenalkan Pembayaran Pajak Motor Non Tunai

Samsat Ngawi Perkenalkan Pembayaran Pajak Motor Non Tunai

311
0

SIAGAINDONESIA.COM – Transaksi non tunai untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor terus digenjot di layanan Samsat seluruh Jawa Timur. Termasuk keberadaan Samsat Ngawi sejak sebulan ini memberlakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara non tunai melalui sistim Electronic Data Capture (EDC).

“Bagi masyarakat ketika mau membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat sini tidak harus pakai uang tunai. Sekarang bisa melalui sistim non tunai dengan cukup menggesek kartu ATM di alat EDC,” terang Kanit Regident Iptu Dandung Setiawan.SH, Selasa, (09/04/2019).

Ulasnya, inovasi pembayaran non tunai tersebut dilakukan sesuai intruksi Presiden Jokowi dalam rangka memaksimalkan transaksi non tunai dalam transaksi keuangan pemerintah. Seperti pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan lainya.

“Pola pembayaran non tunai berpotensi semakin diminati masyarakat wajib pajak karena dinilai lebih efektif, efisian dan aman. Namun di Ngawi ini perlu kita sosialisasikan lebih jauh,” tambahnya.

Pembayaran pajak bermotor non tunai bisa memanfaatkan atau bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa kartu ATM baik BRI, Bank Jatim, BCA maupun CIMB. Diakuinya, sekarang ini masyarakat masih melakukan pembayaran pajak bermotor secara manual yang jumlahnya lebih 150 orang lebih per hari. (pr)