Beranda alutsista Menteri Pertahanan RI Berikan Pengarahan Kepada 25 Perwira Kostrad

Menteri Pertahanan RI Berikan Pengarahan Kepada 25 Perwira Kostrad

94
0
Menhan berikan pengarahan kepada perwira Kostrad
Menhan berikan pengarahan kepada perwira Kostrad

SIAGAINDONESIA.COM Menteri Pertahanan, Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu kunjungan kerja ke Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Selasa (9/4/19). Kedatangan Menhan disambut Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr (Han).

Kedatangan Menteri Pertahanan, Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu sekaligus memberikan pengarahan kepada 250 Perwira Kostrad di Ruang Mandala Markas Kostrad.

Menhan mengatakan, bahwa seorang Perwira harus mencintai prajuritnya, loyal kepada senior dan atasan serta melaksanakan latihan dengan baik, karena latihan merupakan kesejahteraan bagi seorang prajurit.

“Saya minta kepada seluruh prajurit TNI untuk menjaga sikap Netralitas dan profesionalitas dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019,”pintanya.

Hubungan Kementerian Pertahanan dengan TNI harus terus bagus. Karena, menurutnya, Kemhan adalah yang menyusun dan membuat strategi pertahanan di TNI. “Dalam merumuskan strategi pertahanan negara, Kemhan selalu mengacu pada kondisi aktual potensi Ancaman,”kata Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Menhan menjelaskan, Menhan selaku pembantu Presiden dalam bidang pertahanan memiliki otoritas tertinggi dalam mendesain dan menentukan kebijakan strategis pertahanan. Termasuk dalam melaksanakan kontrol demokratis terhadap kekuatan militer.

“Dalam hal ini, kedudukan TNI adalah sebagai alat atau instrumen pertahanan negara guna mewujudkan objektif arsitektur pertahanan negara tersebut, sementara itu fungsi Polri adalah sebagai instrumen keamanan dan ketertiban negara dan masyarakat,”jelas Menhan RI.

Menhan juga menceritakan, pengalaman karir militernya yang banyak dihabiskan di Kostrad. Karirnya, sejak masih berpangkat Kapten sampai menjadi Pangkostrad dihabiskan di satuan tersebut.“Saya ke sini serasa kembali ke rumah sendiri. Saya bangga dengan prajurit Kostrad,”urainya.

Pada kesempatan yang sama, Pangkostrad mengucapkan terima kasih kepada Menhan karena telah menyempatkan waktunya untuk memberi arahan kepada para prajurit Kostrad.

“Sesungguhnya merupakan suatu kebahagiaan untuk kita semua karena Bapak Menteri berkenan bersilaturahmi ke Kostrad. Kami ucapkan selamat datang dan apresiasi setinggi-tingginya atas kedatangan Pak Menhan untuk memberikan pengarahannya,” kata Pangkostrad.

Menurutnya, bahwa Kostrad akan pegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit dalam setiap pelaksanaan tugas dan selalu berorientasi pada kepentingan negara dan rakyat Indonesia serta Pemilu harus berjalan aman dan sukses. “Perbantuan TNI kepada Polri sesuai aturan dan prosedur yang berlaku, Netralitas TNI harga mati,” tegas Pangkostrad mengakhiri sambutannya.

Kegiatan diakhiri dengan pertukaran Cinderamata antara Menteri Pertahanan, Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu kepada Panglima Kostrad Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr (Han) dan foto [email protected]