Beranda aneka DiHUT Ke 44 TMII Pengunjung Masuk TMII Gratis Dan Tampilkan Pagelaran Budaya

DiHUT Ke 44 TMII Pengunjung Masuk TMII Gratis Dan Tampilkan Pagelaran Budaya

174
0
Jumpa pers HUT TMII Ke 44
Jumpa pers HUT TMII Ke 44

SIAGAINDONESIA.COM Untuk Memeriahkan Peringatan HUT Taman Mini Indonesia Indah yang ke 44 dengan mengusung tema Taman Mini Indonesia Indah Merupakan Rumah Budaya Bangsa Sebagai Wujud Bhineka Tunggal Ika. Pelaksaan peringatan tersebut dimulai tanggal tanggal 19 April 2019 – 21 April 2019. Adapun dalam peringatan HUT TMII ke 44 pihak manajemen memberikan harga tiket bagi pengunjung digratiskan mulai pukul 07.00 hingga pukul 22.00 Wib.

Menurut Ketua Umum Panitia HUT ke-44 TMII, Eri Subada, penggratisan tiket masuk akan diberlakukan pada tanggal 20 April 2019 bagi seluruh masyarakat yang mengunjungi TMII. “Di hari ulang tahun ke 44 ini, kami akan menggratiskan tiket masuk, sedangkan kendaraan tetap bayar sesuai ketentuan dan di hari yang sama, pengelola TMII memberikan promo buy one get two di semua wahana yang ada di kompleks TMII,”kata Eri saat Jumpa Pers di Ruang Perpustakaan 1 Gedung Pengelola TMII, Jakarta Timur, Rabu ( 10/4/19).

Ia mengatakan, untuk target pengunjung pada tahun ini, kita samakan dengan tahun lalu yaitu 450 ribu pengunjung, namun tidak menutup kemungkinan pengunjung akan bertambah, karena bersamaan dengan Pemilu pada 17 April 2019 dan bertepatan tanggal merah.

“Mudah-mudahan target bisa melampaui dan pengunjung akan menikmati berbagai kegiatan seperti, pagelaran budaya, pameran museum, expo nusantara, kuliner nusantara, dan masih banyak lagi,”urainya.

Eri menjelaskan, dalam rangkaian HUT TMII ke 44 ini dengan acara yang menarik selama tiga hari ini di TMII. Pada tanggal 19 April 2019 di Gedung Sasana Kriya, rangkaian acaranya diantaranya Pameran Produk Unggulan Khas Daerah dengan tema : Produk UKM dan UMKN sebagai Potensi Unggulan daerah, Pameran Bersama Museum se-Indonesia dengan tema : Museum dan Industri Kreatif. Festival Kuliner Nusantara dengan tema Kuliner Nusantara Peluang Bisnis Usaha.Kemudian di tanggal 20 April 2019 di Gedung Sasono Langen Budoyo, pada pukul 13.30, rangkaian acara puncaknya yakni Pergelaran garapan drama tari Cahaya Zaman persembahan Tim Kesenian Provinsi Sulawesi Utara yang menceritakan tentang perjuangan Pahlawan Nasional, Ibu Walanda Maramis. Puncak HUT ini akan dihadiri oleh Ketua DPR RI, didampingi oleh Gubernur Sulawesi Utara, Ketua Pembina Yayasan Harapan Kita,dan Direktur Utama TMII.

“Kemudian acara ini dilanjutkan dengan Gebyar Seni Tari dan Musik Nusantara didukung oleh 300 Potensi Diklat Seni TMII dan FORSENDI, Kesenian Rakyat Barong Caplok & Bola Api, serta pergelaran wayang kulit yang bertempat di Plaza Tugu Api Pancasila.Lalu, pada Minggu, 21 April 2019 bertempat di Tugu Api Pancasila, pada pukul 13.00 WIB, rangkaian acaranya yakni, Pergelaran garapan drama tari “Cahaya Zaman” persembahan Tim Kesenian Provinsi Sulawesi Utara yang menceritakan tentang perjuangan Pahlawan Nasional, Ibu Walanda Maramis. Puncak HUT ini akan dihadiri oleh Ketua DPR RI, didampingi oleh Gubernur Sulawesi Utara, Ketua Pembina Yayasan Harapan Kita,dan Direktur Utama TMII. Dilanjutkan dengan Gebyar Seni Tari dan Musik Nusantara didukung oleh 300 Potensi Diklat Seni TMII dan FORSENDI, Kesenian Rakyat Barong Caplok & Bola Api, serta pergelaran wayang kulit yang bertempat di Plaza Tugu Api Pancasila. Lalu, pada Minggu, 21 April 2019 bertempat di Tugu Api Pancasila, pada pukul 13.00 WIB, rangkaian acaranya yakni, Pawai Budaya Nusantara, dimeriahkan juga dengan penampilan Reog Kendang Tulung Agung, Atraksi Ondel-Ondel Masal (Peserta Festival Ondel-Ondel Jakarta). Selain acara-acara besar yang rutin dilaksanakan, ada beberapa rangkaian acara pendukung yaitu sebagai berikut Festival Pencak Silat Nusantara ke-VI, Gebyar Pesta Rakyat di Anjungan Daerah dan unit-unit, Pergelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk, Festival Ramayana ke-3 “Merajut Rasa dan Karsa dalam Kebhinekaan”, dan Lomba Perkutut Tingkat Nasional,”jelasnya.

Sementara itu Koordinator Unit Kerja Badan Pengelolaan TMII Diono mengatakan, persiapan HUT TMII ke-44 yang salah satunya, dengan memperbaiki segala infrastruktur dan fasilitas yang ada di TMII. “Di antaranya di pintu 3 keong mas itu kita perlebar. Kami mempersiapkan infrastrukturnya juga untuk parkir. Anjungan juga, terutama Sulawesi Utara. Semua arsitektur anjungan Sulawesi Utara sudah dipercantik. Museum Batik Indonesia sudah jadi. Rencana diresmikan bulan April belum jadi. Tapi kalau gedungnya sudah jadi,” kata Diono.

Diyono menambahkan, TMII pada HUT Ke 44 ini akan ada festival Pawai Budaya Nusantara pada 21 April 2019. “Tanggal 21 April ada pawai budaya Nusantara. Dimeriahkan juga dengan penampilan kendang reog dari Tulungagung,”[email protected]