Beranda Headline Dua Pelaku Mutilasi Dalam Koper Segera Dirilis Polda Jatim

Dua Pelaku Mutilasi Dalam Koper Segera Dirilis Polda Jatim

138
0
Pelaku AS dan AJ Saat Meringkus Di Mapolda Jatim, (foto: Ad)

SIAGAINDONESIA.COM Sempat kabur, kaki kedua pelaku kasus pembunuhan terhadap Budi Hartanto (28), seorang guru asal Kediri yang di mutilasi dalam koper terpaksa ditembak polisi. Dua pelaku yakni, Aris Sugianto (AS) dan Ajis (AJ) ditangkap petugas di tempat berbeda.

AS yang kesehariannya berjualan nasi goreng ini ditangkap oleh Polda Metro Jaya di Jalan Tol dalam Kota Jakarta, sekitar pukul 07.50 WIB. Sedangkan AJ diamankan di rumahnya yang berada Jalan Merak, Kecamatan Ringinrejo, Kecamatan Kediri. Keduanya diringkus pada hari Kamis, 11 April 2019 kemarin.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Leonard Sinambela mengatakan, sebelum menangkap AS, Polda Metro Jaya mendapatkan informasi melalui HT operator Jaya.

“Bahwa disinyalir pelaku AS melintas Jalan Tol dalam Kota. Disaat bersamaan kendaraan yang diinformasikan tengah melintas di samping Anggota, kemudian Anggota langsung melakukan penyetopan,” katanya saat dikonfirmasi Sicom di Mapolda Jatim, Sabtu (13/4/2019).

Menurut Leonard, pelaku AS diketahui meninggalkan Blitar sejak 7 April 2019, pasca empat hari mayat korban ditemukan pada Rabu, 3 April 2019 lalu.

“Tanggal 7 April tersangka AS ini keluar meninggalkan Blitar. Sebelum itu, dia bolak-balik Blitar-Kediri. Setelah itu terus berpindah tempat, sampai akhirnya berhasil ditangkap di Jakarta,” katanya.

Sementara saat menangkap AJ di rumahnya, Polisi menemukan alat bukti baru. Penemuan alat bantu sabu ditemukan dalam penggeledahan di kediaman pelaku AJ, ketika Polisi sedang mencari barang bukti kasus mutilasi mayat dalam koper tersebut.

“Kita hanya menemukan fakta lain pada saat penggeledahan. Sebetulnya yang kita cari bukan itu. Kita temukan alat bantu sabu hanya bekas penggunaan. Diduga kuat dia juga pengguna,”

Dari kediaman pelaku AS, polisi juga menemukan motor korban di dalam rumah yang berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menyatakan, pihaknya akan merilis kasus ini besok, Hari Senin (15/4/2019).

“Besok hari Senin kita rilis kasus ini,” kata Barung, Sabtu (13/4).

Seperti diberitakan sebelumnya, jasad Budi Hartanto (28), warga Kota Kediri dibuang di aliran Sungai Dusun Plosokerep, Desa Bleber, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, pada 3 April 2019.

Koper yang berisi tubuh korban tersebut ditemukan pencari rumput, warga Desa Karanggondang, Kecamatan Udanawu, Blitar, di bawah jembatan Jalan Raya Blitar-Kediri di Desa Karanggondang, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, dalam kondisi kepala terpenggal.

Tepat 9 hari, kapala korban Budi Hartanto (28) ditemukan di pinggir Sungai Karanggondang, tersangkut ranting bambu, Jum’at (12/4). Penemuan kepala korban itu setelah Polisi menangkap dua pelaku pembunuhan dan mutilasi AJ dan AS. Ady