Beranda News 4.305 Anggota Banwaslu Gresik Siap Awasi Pemilu 2019 Disetiap TPS

4.305 Anggota Banwaslu Gresik Siap Awasi Pemilu 2019 Disetiap TPS

64
0
SIAGAINDONESIA.COM Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik, menggelar Apel Siaga Pengawas Pemilu 2019 yang berlangsung di lapangan Kantor Bupati Gresik, Minggu (14/04/2019).
Menurut, Ketua Bawaslu Kabupaten Gresik Imron Rosadi bahwa apel siaga Pemilu dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan jajaran Bawaslu Gresik dalam melaksanakan tugas pengawasan.
“Mulai hari ini Minggu-Selasa (14-16/4/2019) merupakan masa tenang Pemilu, sehingga perlu pengawasan yang lebih. Sebab, hari tenang adalah titik krusial, karena pada hari tenang biasanya malah terjadi proses-proses yang bisa merusak demokratisnya Pemilu,” ujarnya.
“Memasuki hari tenang ini, kami akan melakukan kegiatan bersih-bersih alat peraga kampanye (APK). Sebab, masa tenang tidak boleh ada gambar maupun atribut Pemilu. Apalagi, jika melakukan kampanye politik uang (money politic) yang biasa dikenal dengan istilah serangan fajar. Hal ini juga menjadi atensi kita,” tegasnya.
Di tambahkan Imron, anggota Banwaslu, Panwaslu Kecamatan dan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) Kabupaten Gresik total berjumlah 4.305. “Dalam apel siaga ini, kami menekankan petugas pengawasan agar melaksanakan tugasnya semaksimal mungkin. Lebih-lebih saat mengawasi hari H pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019, di TPS-TPS yang menjadi wilayah kerjanya masing-masing,” tegasnya.
“Pada Pemilu 2019 di Kabupaten Gresik terdapat 3.655 TPS dan satu TPS ada satu petugas dari kami yang melakukan pengawasan,” tandasnya.
Sementara Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro yang hadir dalam apel tersebut. Menyatakan siap mengamankan jalannya masa tenang pemilu 2019. “Untuk pengamanan masa tenang hingga hari H pelaksanaan Pemilu, Polri dibantu aparat TNI, Satpol PP serta instansi terkait lainnya,” ungkapnya.
“Kami siap untuk menindak tegas, pihak-pihak yang ingin mengacaukan pelaksanaan Pemilu. Agar kegiatan lima tahun ini, bisa berjalan dengan kondusif aman dan nyaman sesuai dengan harapan kita semua,” tutupnya. Zer