Beranda aneka GBSD Jatim Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

GBSD Jatim Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

27
0

SIAGAINDONESIA.COM
Gelar Seni Budaya Daerah (GSBD) terus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui kesenian. Bulan ini giliran Kabupaten Kediri mendapat kesempatan tampil dalam ajang bertajuk “Kediri Bumi Panji Amestuti Budaya Leluhur, Angesthi Misuwur” di Taman Budaya Jawa Timur, Jalan Gentengkali 85 Surabaya.

Selain dramatari dan ketroprak juga disajikan Tari Gambyong Dhoko, Jaranan serta pameran produk unggulan dan bazaar kuliner khas Kediri. Masyarakat maupun wisatawan bisa langsung datang dan melihat pertunjukan tanpa dipungut biaya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, Sinarto, SKar, MM, menuturkan, GBSD merupakan agenda bulanan sebagai ajang kabupaten kota untuk memamerkan sekaligus memasarkan produk-produk mulai kesenian maupun kebudayaan.

“Kabupaten Kediri mempunyai kelebihan produk-produk UKM termasuk kesenian seperti sendra tari yang tentunya mengeksplor cerita Kediri. Kita berharap GBSD sebagai tempat untuk mencoba memamerkan produk-produk unggulan daerah,” ujar Kadisbudpar Jatim kepada wartawan, Jumat (12/4/2019).

Sinarto juga menerangkan, kedepan yang diundang sebagai penonton tidak sekedar apresiator biasa tapi juga penonton yang memiliki nilai ekonomi.

“Artinya penjual-penjual dari plaza-plaza kita kenalkan. Termasuk untuk kepariwisataan juga,” tandasnya.

Banyak cerita setelah pameran di GBSD , produk UKM daerah mengalami peningkatan transaksi.

“Langsung dari penjual- penjual ke produsen untuk memperbanyak belanjanya tidak satu dua tapi grosir,” terangnya.

Tahun depan, lanjut Sinarto, format GBSD juga akan dirubah, dengan mengoptimalkan produk yang marketable termasuk menjual kesenian yang dipentaskan.

“Tadi siang kepala bidang semua saya kumpulkan, tahun depan harus dirubah format penyelengaraannya. Tari untuk manten dulu kan ada karonsih, bakto endah, barangkali nanti ada pengganti-pengganti yang lebih njamani dari tari-tari itu, itu yang kita harapkan. Jadi kreator oleh bupati diangkat masuk di GSBD itu menawarkan karya yang bisa dijual di tengah masyarakat,” pungkasnya.Pak_Dik