Beranda Headline Ada Pemilih Misterius, Bawaslu Gresik Rekomendasi Pemilu Ulang

Ada Pemilih Misterius, Bawaslu Gresik Rekomendasi Pemilu Ulang

35
0

SIAGAINDONESIA.COM Sejumlah kecurangan dalam proses pemilihan umum (pemilu) serentak pada 17 April 2019 lalu, ditemukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik. Seperti, adanya 7 orang pemilih dari luar daerah yang masuk DPT dan ikut mencoblos di TPS 10, Desa Dahanrejo, Kecamatan Kebomas.

Bawaslu menemukan 7 pemilih misterius, berdasarkan dari kartu identitas berupa e-KTP yang disodorkan para pelaku saat hendak mencoblos. Bahkan, Bawaslu memastikan mereka bukan warga dari daerah Kabupaten Gresik.

“Dari laporan yang kami terima, 7 orang pemilih misterius itu. Tiba dilokasi pencoblosan dengan membawa kendaraan bus, seperti ada yang mengkoodinir untuk memenangkan pihak tertentu,” kata, Komisioner Bawaslu Gresik Maslukhin Musda, Jumat (19/4/2019).

“Data yang kami terima, 7 pemilih misterius berasal dari Kabupaten Madiun dan dari Kota Malang,” ujarnya.

Di tambahkan Maslukhin, pemilih dari luar daerah memang bisa menggunakan hak pilihnya diluar daerah asalnya dengan menunjukkan formulir A5. “Nah saat hendak ikut mencoblos ketujuh pemilih tersebut, tidak membawa A5 sehingga petugas KPPS jadi bingung,” tuturnya.

“Petugas KPPS di TPS 10 Desa Dahanrejo, sempat menghalau rombongan pemilih liar yang berjumlah 7 orang itu. Karena, tidak bisa menunjukkan formulir A5 yang menjadi persyaratan. Namun, akibat ada intimidasi yang sangat kuat, membuat petugas KPPS minder,” ungkapnya.

“Terkait persoalan tersebut, kami sudah memanggail Panwascam Kebomas untuk dimintai keterangan. Serta, merekomendasi agar dilakukan pemilihan ulang, di TPS 10 Desa Dahanrejo paling lambat seminggu setelah ditemukan kasus itu,” tukasnya.

“Kami tegaskan, TPS 10 Desa Dahanrejo harus melakukan pencoblosan ulang,” tandasnya. Zer