Beranda News Salah Input Data Surat Suara, Dua TPS Asempapak Lakukan Penghitungan Ulang

Salah Input Data Surat Suara, Dua TPS Asempapak Lakukan Penghitungan Ulang

39
0

SIAGAINDONESIA.COM Kesalahan menginput data surat suara yang telah dicoblos, terjadi dua lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).  Tepatnya di TPS 01 dan 02, Desa Asempapak, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik. Sehingga, dilakukan proses penghitungan ulang.

“Di dua TPS tersebut, ada kesalahan saat menginput data. Sehingga ketika direkapitulasi ternyata datanya tidak singkron,” kata, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik Maslukhin Musda kepada Siagaindonesia.com, Sabtu (20/4/2019).

“Salah satu contoh kesalahannya, ketika perolehan suara yang tercoblos untuk partai. Ternyata juga ditambahkan sebagai suara Calon Legislatif (Caleg), padahal sesuai ketentuan harusnya dibedakan antara suara partai dan caleg. Kalau pemilih mencoblos gambar partai berarti suaranya masuk di partai, bukan ke Caleg,” ujarnya.

“Surat suara yang salah di input datanya itu, telah dilakukan penghitungan ulang pada Jumat (19/4/2019) kemarin. Dengan disaksikan langsung oleh pihak-pihak terkait, baik dari saksi parpol, penyelenggara pemilu dan pengawas (Panwas) setempat,” tuturnya.

Sementara, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Sidayu, Faisol mengungkapkan, kesalahan di TPS 01. Karena, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) nya, memasukkan data double antara hasil perolehan caleg dan partai. Sehingga ketika ditotal datanya melebihi jumlah surat suara. Sedangkan di TPS 02, kesalahan ada di plano.

“Untuk penghitungan ulang, hanya  dilakukan untuk perolehan suara Pileg saja. Baik, DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR RI,” ungkapnya. Zer