Beranda Headline Wabup Ony Kritik Pemilu Serentak Dianggap Melelahkan, Kalau Bisa Begini

Wabup Ony Kritik Pemilu Serentak Dianggap Melelahkan, Kalau Bisa Begini

118
0

SIAGAINDONESIA.COM – Pemilu serentak 2019 kali ini dianggap cukup melelahkan menguras tenaga dan pikiran. Betapa tidak, terpantau dilapangan proses penghitungan surat suara di TPS mulai Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota rata-rata baru selesai pukul 02.00 WIB.

“Dari evaluasi ini secara nasional mulai pelaksanaan, rekap, perhitungan dan lain sebagainya pemilu serentak sangat melelahkan,” terang Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar, Sabtu, (20/04/2019).

Kedepanya tandas Ony, untuk mengefektifkan waktu pelaksanaan pemilu harus dipilah jangan sampai serentak lagi. Misalkan pemungutan suara antara Pilpres bersamaan dengan DPD atau DPR RI dan berlanjut pada pemilihan DPRD kabupaten/kota dengan DPRD propinsi.

“Intinya jangan serentak karena kita mengamati petugas dilapangan itu seperti KPPS sangat terkuras tenaganya mereka cukup terporsir demikian juga lain-lainya. Dan tidak bisa membayangkan lagi kalau pemilu dibarengkan dengan pilkada misalkan,” bebernya.

Secara pribadi pinta Ony, pemilihan langsung cukup sekali saja untuk memilih wakil rakyat. Sedangkan Pilkada maupun Pilpres yang memilih cukup wakil rakyat. Hal itu dilakukan untuk mengefektifkan waktu maupun anggaran. (pr)