Beranda Headline Gus Ipul: Pasca Pemilu Saatnya Pendinginan Suasana

Gus Ipul: Pasca Pemilu Saatnya Pendinginan Suasana

169
0

SIAGAINDONESIA.COM – Konsep yang digagas para kyai sepuh di Jawa Timur terkait rekonsiliasi pasca Pemilu 2019 mendapat respon positif dari kalangan masyarakat luas.

Seperti yang disampaikan Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, saatnya masyarakat memikirkan keutuhan bangsa.

Gus Ipul menyebut, saat ini sejumlah pengurus pesantren besar di Jawa Timur sudah bergerak untuk meredam situasi maupun gejolak politik. Baik ditataran santri, alumni dan masyarakat luas setelah pesta demokrasi.

“Pemilu sudah selesai, saatnya kita kembali memikirkan umat dan saat ini para kyai juga telah bergerak mendinginkan suasana,” ungkap Gus Ipul, Minggu, (21/04/2019).

Katanya, para kyai di Jawa Timur baik itu yang sebelumnya mendukung paslon 01 Jokowi – Maruf atau paslon 02 Prabowo – Sandiaga sepakat akan menerima pemenang Pilpres 2019.

Gus Ipul mengatakan Pilpres bukan tentang Jokowi-Ma`ruf atau Prabowo-Sandi, melainkan tentang bagaimana membangun negara dengan penuh persatuan dan semangat kerja keras membangun bangsa.

“Jadi semangat rekonsiliasi ini yang harus terus didorong dan dijaga. Rekonsiliasi ini untuk bersatu tekad membangun bangsa ,” ujar mantan Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode ini.

Untuk mendorong semangat rekonsiliasi bangsa, para kyai sepuh di Jawa Timur, kata Gus Ipul, juga telah merumuskan beberapa langkah.

Diantaranya dengan menularkan semangat rekonsiliasi kepada para alumni dan santri yang saat ini juga telah menjadi kyai dan memiliki pondok pesantren.

Dengan langkah ini, maka kyai-kyai alumni pesantren besar juga akan ikut bergerak mendinginkan suasana khususnya bagi para santri, alumni dan masyarakat sekitar pesantren. (pr)