Beranda aneka Kakanwil Kumham Jatim Santuni Anak Yatim Piatu

Kakanwil Kumham Jatim Santuni Anak Yatim Piatu

25
0
Kakanwil Kumham Jatim Santuni Anak Yatim Piatu

SIAGAINDONESIA.COM – Kanwil Kemenkumham Jatim punya cara sendiri untuk menyambut bulan cuci Ramadhan 1440 H. Yakni, memberikan santunan untuk anak yatim piatu dan mengadakan kajian agama di Masjid Al Muttaqin yang juga dirangkai dengan peringatan Isra Mi’raj, Senin (22/4/2019).

Kajian yang mengangkat tema “Hikmah Isra Mi’raj Bagi Kehidupan Umat” itu mendatangkan narasumber Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya Prof H. Ahmad Zahro. Hadir pula Kakanwil Kemenkumham Jatim, Susy Susilawati, Kadiv Administrasi Haris Sukamto, Kadiv Imigrasi Zakaria para Kepala UPT pada Korwil Surabaya dan pegawai kanwil.

Dalam sambutannya Susy menerangkan bahwa bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh keistimewaan bagi umat muslim. Karena itulah maka lakukan yang terbaik.

“Kalau semua sudah diniatkan sebagai ibadah, maka kita akan selalu bersemangat dan bahagia mengerjakan semua tugas-tugas,” kata Susy Susilawati.

Selanjutnya, Kiai Ahmad menjelaskan bahwa peringatan Isra Miraj sebagai perjalanan yang dapat di maknai untuk menguatkan akidah dan ibadah, diantaranya shalat. Ada pengalaman tentang shalat yang disampaikan Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut. Beberapa tahun lalu Kiai Amhad sempat menderita sakit pada lutut yang membuat tidak bisa bergerak seperti biasa.

Ketika membaca sebuah buku tentang penelitian manfaat Sujud, diketahui bahwa gerakan shalat khususnya sujud dapat terjadi pertukaran ion negatif dan ion positif. Akhirnya selama lebih dari satu bulan Kiai Ahmad mempraktekkan gerakan sujud dengan nikmat dan penuh rasa syukur.

“Terutama di terakhir sujud dalam shalat saya berdoa untuk kesembuhan sakit saya. Alhamdulillah 1,5 bulan sembuh,” katanya.

Meski begitu dia tetap menekankan untuk tetap melakukan ikhtiar dengan mengobati diri melalui jalur medis, dengan ke dokter atau pemeriksaan lab.    

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan santunan kepada anak yatim dari panti asuhan Himmatun Ayat, Wonorejo.tji