Beranda Headline Korupsi, Jaeruddin Mantan Kadispora Gresik Dituntut 1,4 Tahun Penjara

Korupsi, Jaeruddin Mantan Kadispora Gresik Dituntut 1,4 Tahun Penjara

17
0
SIAGAINDONESIA.COM Sidang dengan agenda tuntutan yang digelar Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya pada, Senin (22/4) kemarin. Menuntut, mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Gresik, Jairuddin dengan hukuman penjara 1,4 tahun.
Kasi Pidsus Kejaksaan Negri (Kejari) Gresik, Andrie Dwi Subianto mengungkapkan selain hukuman penjara selama 1 tahun 4 bulan. Denda sebesar Rp 50 juta subsidiar 1 bulan dan uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 103.360.811 juga diberikan ke terdakwa.
“Tuntutan hukuman yang dilakukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negri (Kejari) Gresik itu. Karena, terdakwa terbukti melanggar pasal 3 UU nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2011 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi,” ujarnya kepada Siagaindonesia.com, Selasa (23/4).
“Untuk kerugian negara senilai tersebut, telah dikembalikan oleh terdakwa Jairuddin. Makanya ada keringanan tuntutan, tetapi tidak berarti bisa mengugurkan pidana yang dilakukannya,” tuturnya.
“Atas tuntutan JPU itu, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya yang diketuai Rahmat. Berpendapat, bahwa terdakwa secara sah dan meyakinkan dengan sengaja telah melakukan tindak pidana korupsi. Dengan cara memotong dana APBD tahun 2017, untuk kegiatan Paskibraka dan car free day,” tandasnya. Zer