Beranda aneka Manager KSP Laporkan Karyawan Setelah ‘Bermain’ Pinjaman Fiktif Puluhan Juta

Manager KSP Laporkan Karyawan Setelah ‘Bermain’ Pinjaman Fiktif Puluhan Juta

336
0

SIAGAINDONESIA.COM – Kasatreskrim Polres Ngawi AKP Indra Najib membenarkan adanya kasus dugaan penggelapan uang milik Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bangun Jaya Makmur beralamatkan di Jalan Panjaitan masuk Desa Jururejo, Kecamatan Ngawi Kota, Ngawi.

Dugaan penggelapan uang puluhan juta tersebut setelah pihak KSP mendatangi Polsek Ngawi Kota untuk melaporkan HR (31) warga Desa Pojok, Kecamatan Kwadungan, Ngawi selaku karyawan koperasi tersebut.

“Iya memang ada laporan dugaan pinjaman fiktif yang dilakukan oleh salah satu karyawan dan merugikan KSP. Namun kasus itu ditangani Polsek Ngawi Kota,” terang Kasatreskrim Polres Ngawi AKP Indra Najib, Selasa, (23/04/2019).

Lebih jelasnya diungkapkan, HR si terduga pelaku yang merupakan agen operasional KSP Bangun Jaya Makmur disinyalir mencairkan dana dengan mengatasnamakan nasabah lama. Padahal nasabah lama itu sudah lunas dan tidak meminjam lagi.

Dalam modusnya, berkas administrasi pengajuan nasabah lama masih disimpan oleh HR dan disalahgunaka untuk mencairkan dana dari KSP. Kemudia hasil atau uang pencairan itu dipergunakan untuk kepentingan pribadi HR.

Bahkan aksi tipu daya yang diduga dilakukan oleh HR ini mulai Januari hingga Maret 2019. Akibat ulah HR, pihak KSP Bangun Jaya Makmur mengalami kerugian Rp 27 juta lebih. Setelah dikroscek oleh pengawas maupun manager, HR mengakui semua perbuatanya itu.

“Sebelum dilaporkan si HR ini sanggup mengembalikan pinjaman fiktif ke pihak KSP. Namun sampai batas waktu yang ditentukan ternyata tidak mampu memenuhi janjinya,” pungkas AKP Indra Najib. (pr)