Beranda HIGHLIGHT Permohonan PKPU Disetujui Hakim Pengawas, KSU Arta Srikandi Segera Selesaikan Tagihan Hutang

Permohonan PKPU Disetujui Hakim Pengawas, KSU Arta Srikandi Segera Selesaikan Tagihan Hutang

111
0
Sidang KSU Arta Srikandi di Pengadilan Niaga Surabaya, Selasa (23/4/2019).

SIAGAINDONESIA.COM Penyelesaian hutang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) di Pengadilan Niaga Surabaya dua konsumen Koperasi Serba Usaha (KSU) Arta Srikandi senilai Rp 6 miliar, bakal berakhir damai.

Dua pemohon PKPU yakni Bambang Alim dan Anita Widjaya, mendapat respon positif dari pihak KSU Arta Srikandi yang berjanji akan menuntaskan tagihan hutang dua konsumen tersebut.

Hal ini terungkap dalam rapat kreditur yang digelar diruang Kartika 1, Pengadilan Niaga Surabaya, Selasa (23/4/2019), dimana niat baik KSU Arta Srikandi mendapat persetujuan hakim pengawas.

“Rapat kreditur tadi mengarah ke Perdamaian, karena kami selaku termohon masih kooperatif untuk menyelesaikan tunggakan hutang kepada para pemohon,” demikian disampaikan kata Agung Silo Widodo Basuki selaku kuasa hukum KSU Arta Srikandi seusai rapat kreditur.

Dijelaskan Agung, sikap kooperatif tersebut ditunjukan KSU Arta Srikandi sejak tahun 2010, hanya saja terkendala dengan mandat yang diberikan pengurus kepada manajer KSU Arta Srikandi belum dilaporkan ke pengurus koperasi.

“Sejak mandat itu diberikan ke Manajer, Ketua Koperasi sudah tidak lagi memiliki tanggung jawab terhadap operasional. Namun hingga saat ini, manajer belum melaporkan atau mempertanggungjawabkan tugasnya kepada pengurus koperasi,” tandas Agung.

Untuk diketahui, Pengadilan Niaga (PN) Surabaya telah mengumumkan hasil keputusan PKPU sementara KSU Arta Srikandi berdasarkan ketentuan Pasal 226 ayat (1) Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang.

Dalam putusannya, Majelis hakim Pengadilan Niaga yang diketuai Hariyanto telah mengabulkan PKPU pemohon selama 45 hari sejak putusan dibacakan dan menunjuk Pesta Sitorus sebagai hakim pengawas.

Selain itu, Hakim pemutus PKUP juga mengangkat Bangun Patrianto sebagai kurator dalam proses PKPU tersebut.nya/man