Beranda News Tiga Kali Mangkir Sidang, Rian Subroto Penyewa Jasa Vanessa Ditetapkan Polda Jatim...

Tiga Kali Mangkir Sidang, Rian Subroto Penyewa Jasa Vanessa Ditetapkan Polda Jatim Sebagai DPO

65
0
Vanessa Adzania alias Vanessa Angel, (foto: Ad)

SIAGAINDONESIA.COM Sosok Rian Subroto, yang menyewa jasa ‘esek-esek’ artis Vanessa Adzania alias Vanessa Angel telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh polisi sejak sebulan lalu. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Novan Arianto yang menangani perkara ini membenarkan terkait dengan status Rian (DPO) yang diterbitkan oleh Polda Jatim.

“Iya, Rian kalau dalam berkasnya Vanessa itu sudah masuk dalam DPO. Yang menerbitkan Polda (Jatim) sejak 15 Maret 2019 lalu,” kata Novan usai sidang, Rabu (24/4).

Mengenai status Rian apakah sudah tersangka dalam DPO ini, Novan menjelaskan jika Rian masih berstatus saksi. Meski saksi, namun Rian wajib hadir dalam persidangan karena ia terlibat langsung dalam perkara ini.

Sejak kasus ini bergulir di meja persidangan, Rian mangkir dari panggilan Kejaksaan hampir tiga kali. Soal dasar hukum yang dipakai untuk men DPO kan Rian, sesuai diterapkan dengan Pasal 224 KUHP.

“Ini yang kita terapkan. Dalam perkara pidana seseorang yang dipanggil wajib untuk menjadi saksi” imbuh Novan.

Diketahui, dalam Pasal 224 KUHP berbunyi, barang siapa dipanggil sebagai saksi, ahli atau juru bahasa menurut undang-undang dengan sengaja tidak memenuhi kewajiban berdasarkan undang-undang yang harus dipenuhinya. Dan dalam perkara pidana diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan.

Rian Subroto disebut dalam dakwaan Vanessa Angel yakni sebagai pria yang menyewa Vanessa dan Avriellya Shaqilla. Rian disebut telah membayar uang sebesar Rp 80 juta, untuk transaksi prostitusi online.

Dari Tengah Abdul Malik Dan Milano, Tim Kuasa Hukum Vanessa Angel Usai Persidangan, (foto: Ad)

Terpisah, Abdul Malik selaku kuasa hukum Vanessa meminta pihak kepolisian untuk mengumumkan status Rian sebagai DPO ke media.

“Kalau Rian ditetapkan sebagai DPO, tanggal berapa, bulan berapa, 15 Maret ya diumumkan lha di media kan itu polisi yang mengeluarkan DPO. Kenapa kok baru DPO dicari lha,” kataMalik.

Bahkan, Malik berencana akan membantu pihak kepolisian untuk mengiklankan Rian. Sehingga sosok misterius itu lekas ditemukan dan hadir di persidangan.

“Fotonya Rian disebar, kalau memang Rian DPO aturannya ada fotonya, ada tinggi badannya ada kulitnya. Saya minta polisi harus jujur, sebarkan DPOnya. Saya siap nanti membantu andai kata ada media yang berwarna saya akan mengiklankan di media massa,” pungkas Malik. Ady