Beranda Headline Betulkah Gus Dur Pernah Bilang ‘Kalau Sudah Tua Prabowo Jadi Presiden’?

Betulkah Gus Dur Pernah Bilang ‘Kalau Sudah Tua Prabowo Jadi Presiden’?

337
0
Prabowo Subianto saat Pidato Kebangsaan di Surabaya

SIAGAINDONESIA.COM Presiden RI ke-4 (Alm) Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah memprediksi masa depan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Menurut Gus Dur, Prabowo suatu saat akan menjadi Presiden Republik Indonesia.

Hal ini diungkap Mantan Jurubicara Gus Dur, Adhie Massardi melalui akun Twitternya, Kamis (25/4).

Awalnya, ada seorang warganet pemilik akun @Hidayat843 yang bertanya perihal ini kepada Adhie Massardi.

“Mau tanya Mas Adhie, apa betul Almarhum Gus Dur pernah bilang ‘kalau sudah tua Prabowo jadi Presiden?” tulisnya pada 24 April.

Perlu waktu hampir 24 jam bagi Adhie untuk menanggapi pertanyaan tersebut. Adhie yang juga Ketua Swing Voters Indonesia itu baru menjawabnya pada hari ini, Kamis (25/4), sekira pukul 10.00 WIB.

“Betul. Sebenarnya saya sudah lupa. Tapi diingatkan kembali soal ini oleh Pak As’ad, yang mantan Wakil Ketua Tanfidz PBNU,” tulis Adhie. Hanya saja, Adhie tidak menjelaskan konteks pembicaraan Gus Dur kala menyampaikan hal tersebut.

KH Abdurrahman Wahid memang dikenal sebagai sosok yang sering melontarkan pernyataan yang terbukti dikemudian hari. Salah satunya, dulu ia pernah menyebut Jokowi, yang saat itu masih menjabat sebagai Walikota Solo, bisa menjadi Presiden.

Kisah ini disampaikan oleh Koordinator Gusdurian Jawa Tengah, Husein Syifa, seperti dikutip dari portal NU Online.

Disebutkan Husein, Gus Dur pada tahun 2006 dijadwalkan menjadi pembicara dalam acara yang bertema ‘Njejegake Sakaguru Nusantara’ di Kota Solo.

Sebelum ke lokasi acara, Gus Dur menyempatkan untuk singgah ke Loji Gandrung, yang merupakan rumah dinas Walikota Surakarta. Di sana, Gus Dur terlibat pembicaraan dengan sejumlah tokoh, termasuk KH Moeslim Rifa’i dan Walikota Jokowi Widodo.

Kiai Moeslim Rifai kala itu berujar kepada Gus Dur, “Njenengan harus jadi presiden lai, Gus.”

Namun Gus Dur menjawab, “Mboten ngoten (tidak begitu), Mbah. Siapapun yang dikehendaki rakyat, termasuk Pak Jokowi ini, kalau dia jadi walikota yang bagus, kelak bisa jadi presiden.”

Terbukti, tahun 2014 Jokowi yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla berhasil terpilih menjadi Presiden RI ke-7.nya