Beranda Politik PAN Raih 7 Kursi DPR-RI di Jatim, Caleg Milenial dan Petahana Berjaya

PAN Raih 7 Kursi DPR-RI di Jatim, Caleg Milenial dan Petahana Berjaya

74
0
PAN Raih 7 Kursi DPR-RI di Jatim

SIAGAINDONESIA.COM – Kompetisi antar partai politik peserta Pemilu 2019 di Jawa Timur, berlangsung cukup ketat. Alhamdulillah berdasarkan hasil penghitungan internal, PAN  memperoleh 7 kursi dari 11 daerah pemilihan di Jawa Timur.

Dari perolehan tersebut, salah satu peraih kursi DPR RI berasal dari kalangan milenial, yaitu Abdul Hakim Bafaqih (27 tahun) dari Dapil Jatim VIII. Sementara itu, empat caleg petahana berhasil mempertahankan kursinya di dapil masing-masing.

Di Dapil Jatim I misalnya, sesuai hasil penghitungan internal, PAN memperoleh sedikitnya 152 ribu suara dengan caleg petahana Sungkono sebagai peraih suara terbanyak, diiringi berturut-turut oleh Sunartoyo, Leo Herlambang, Dhimam Abror dan para caleg lainnya.

“Memperhatikan ketatnya kompetisi, keberhasilan mempertahankan kursi dengan posisi perolehan di peringkat 7 dari 10 kursi di Dapil Jatim I itu patut disyukuri, mengingat perolehan suara Dapil Jatim I di pemilu kali ini memang menurun dibandingkan pada Pemilu 2014 yang mendekati angka 200 ribu suara,” tulis Windiarto Kardono, Wasekjen DPP PAN dan Wakil Sekretaris Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) PAN.

Ditambahkan, PAN sejak awal berkeyakinan bahwa kursi dapat dipertahankan. Hal ini terutama mengingat pengalaman pemilu-pemilu sebelumnya, perolehan suara PAN selalu lebih tinggi dari yang diprediksi lembaga survei.

Atas capaian tersebut, pihaknya menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para caleg yang telah sama-sama berkontribusi menghadirkan kemenangan PAN. Apresiasi juga kami sampaikan kepada struktur partai hingga di tingkat ranting, para kader, relawan dan saksi yang telah bekerja keras bersama-sama mewujudkan kemenangan ini.

“Tentu kami juga patut bersyukur melihat antusiasme para pemilih, terutama simpatisan PAN yang telah menunjukkan tanggung jawab yang sangat besar sebagai warga negara atas suksesnya proses politik dan demokrasi kita,” tambahnya.

Tahap penghitungan suara secara resmi memang belum selesai. Maka kami berharap agar struktur partai, para caleg, saksi, dan relawan di seluruh tingkatan terus mengawal proses ini hingga tuntas. Hadirnya pemilu yang jujur, adil dan transparan adalah tanggung jawab kita bersama. Karena setiap suara pemilih adalah amanah yang harus dijaga.fah/tji