Beranda aneka Pasca Pemilu, Ada Pemandangan Lain Di DPRD Ngawi

Pasca Pemilu, Ada Pemandangan Lain Di DPRD Ngawi

1637
0

SIAGAINDONESIA.COM – Ada pemandangan lain saat rapat paripurna yang digelar DPRD Kabupaten Ngawi dengan agenda Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Ngawi TA 2018 kali ini, Selasa, (30/04/2019). Dari kursi rapat yang disediakan oleh panitia terutama kalangan dewan terlihat ada beberapa kursi kosong.

Berbagai argumen dan spekulasi pun muncul, dari sekian anggota DPRD Kabupaten Ngawi yang tidak hadir merupakan dampak secara tidak langsung dari Pemilu 2019. Kabarnya, yang tidak hadir dalam rapat paripurna tersebut mayoritas caleg petahana yang diprediksi tidak lolos pada periode berikutnya.

“Jumlahnya kan ada 45 orang dewan namun ada beberapa anggota dewan terlihat absen. Memang yang tidak hadir tercatat sebagai caleg yang diprediksi tidak lolos periode berikutnya. Tetapi ada juga yang hadir meskipun dipastikan tidak nyantol suaranya meraih kursi,” terang narasumber.

Sementara Bupati Ngawi Budi Sulistyono dalam LKPJ tersebut menyampaikan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ngawi TA 2018 melampaui target 104,38 persen. Dimana, berhasil direalisasikan sebesar Rp 2,78 triliun dari targetnya Rp 1,9 triliun.

Sebaliknya, untuk belanja daerah hanya terealisasi 93,32 persen yang artinya bisa melakukan penghematan dibeberapa pos tertentu. Padahal ditargetkan sebelumnya akan menghabiskan Rp 2,1 triliun namun bisa merealisasikan Rp 2 triliun lebih sedikit.

Dan perlu diketahui juga untuk urusan penyelenggaran pemerintah daerah pada TA 2018 Pemkab Ngawi mengacu kepada disentralisasi sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Selain itu pengaturan susunan perangkat daerahnya menyesuaikan PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah. (pr)