Beranda aneka Pemkab Gresik Minta Jajarannya Awasi dan Rawat Arsip Dengan Baik

Pemkab Gresik Minta Jajarannya Awasi dan Rawat Arsip Dengan Baik

289
0

SIAGAINDONESIA.COM Dalam workshop pengisian instrument pengawasan kearsipan internal, yang berlangsung di Ruang Mandala Bakti Praja Kantor Bupati Gresik, Selasa (30/4/2019). Wakil Bupati (Wabup) Gresik Muhammad Qosim mengingatkan bahwa keberadaan arsip ini sangat penting. Karena, identik dengan data.

“Semua kebijakan penting yang dikeluarkan Pemrintah itu, pasti berdasarkan data yang ada. Betapa pentingnya sebuah arsip misalnya, baru-baru ini ada tuduhan berbagai kecurangan pemilu 2019. Dengan ditunjukan data riil berdasarkan yang ada di arsip, maka dapat ditentukan siapa yang benar dan yang salah,” katanya.

“Arsip tidak boleh terbengkalai sembarangan atau bahkan dibuang. Sebab, arsip ada masa retensinya dalam jangka waktu ada yang setahun, lima tahun. Bahkan beberapa arsip bisa berlaku selamanya,” ujarnya.

“Hal yang penting untuk diperhatikan adalah penyimpanan arsip harus benar-benar aman dan gudang arsip harus terjaga dengan baik. Sebab, bisa hilang jika dicuri dan dibakar atau terbakar. Maka yang paling aman selain menyimpang bentuk aslinya juga menyimpannya dalam soft copy,” imbaunya.

Sementara, Sekretaris Dinas (Sekdin) Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Gresik Reny Bintari melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Sutrisno mengatakan, Sistem kearsipan yang baik akan menjamin lembaran arsip dan informasinya dapat dimanfaatkan dengan baik sejak dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan.

“Kami berharap ke depan tidak ada lagi arsip Pemerintah Kabupaten Gresik jatuh ke tangan yang tidak berhak. Yang harus kita ingat, arsip bukan hanya selembar kertas tua yang bau, tetapi arsip adalah aset negara yang tidak boleh kita sia-siakan” tandasnya.

Pada workshop pengisian pengawasan kearsipan internal, Pemkab Gresik menghadirkan naras sumber dari Dinas Kearsipan Propinsi Jawa Timur, Rita Kustanti. Zer