Beranda aneka Antisipasi Penyimpangan Pilkades Serentak Dewan Desak DPMD Bentuk Timsus

Antisipasi Penyimpangan Pilkades Serentak Dewan Desak DPMD Bentuk Timsus

852
0

SIAGAINDONESIA.COM – Komisi I DPRD Ngawi sudah kesekian kalinya memanggil Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) untuk lebih memperhatikan semua tahapan Pilkades serentak yang berlangsung saat ini.

Langkah ‘cawe-cawe’ wakil rakyat tersebut untuk mengantisipasi dan menekan terjadinya permasalahan yang berujung di meja hijau.

“Jelasnya kita minta DPMD lebih awal mengidentifikasi dan membuat peta desa yang sekiranya rawan terjadinya pergesekan. Mengingat pilkades serentak ini jangan dipandang sebelah mata,” jelas Siswanto Sekretaris Komisi I DPRD Ngawi, Selasa, (30/04/2019).

Jlentrehnya, DPMD Kabupaten Ngawi harus membentuk tim khusus (timsus) dan membuat wilayah binaan. Langkah itu diyakini akan meningkatkan komunikasi antara leanding sector/dinas terkait dengan pihak desa.

Sehingga semua kerawanan akan gesekan, penyimpangan mekanisme akibat salah persepsi mengaktualisasikan dasar hukum pelaksanaan Pilkades serentak bisa diantisipasi lebih awal.

“Jangan sampai begitu ada masalah baru ambil sikap. Padahal semuanya itu bisa dipantau,” beber Siswanto.

Ditempat yang sama Kabul Tunggul Winarno Kepala DPMD Kabupaten Ngawi mengacungi jempol ide dan gagasan dewan. Hanya saja indikasi perseteruan/gesekan pada tahapan Pilkades serentak yang dilaksanakan pada 29 Juni 2019 belum muncul.

“Kalau saat ini belum ada kekhawatiran tetapi tetap juga kita pantau secara ketat. Biasanya persoalan itu terlihat ketika diakhir tahapan yang berjalan,” ujar Kabul.

Ia memastikan Pilkades serentak tetap sesuai jadwal sebelumnya yang diikuti 178 desa. Dari keseluruhanya memang ada 2 desa yang bakal mundur dari tahapan. Hanya saja pelaksanaan Pilkades nanti tetap bersama dengan desa lainya. (pr)