Beranda alutsista Banjir di Mojokerto Belum Surut, Gubernur Khofifah Beri Bantuan

Banjir di Mojokerto Belum Surut, Gubernur Khofifah Beri Bantuan

40
0
Gubernur Khofifah tinjau wilayah banjir di Mojokerto dan Jombang

SIAGAINDONESIA.COM – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali mengunjungi wilayah banjir, kali ini di Kabupaten Mojokerto. Banjir terjadi akibat hujan deras beberapa hari sebelumnya ini membuat sejumlah desa tergenang. Diantaranya, di Desa Tempuran Kondisi paling parah terjadi di Dusun Beluk dan Bekucuk dengan kedalaman 1 sampai 1,5 meter

“Hujan turun sekitar lima hari lalu, genangan yang tinggi di Dusun Beluk sampai setinggi dada,” kata warga, bernama Heri.

Gubernur Khofifah melihat sejumlah lokasi banjir bersama Kepala BPBD Jatim, BPBD Jombang juga terlihat dokter Kohar RSUD dr Soetomo beserta staf kesehatan, Tagana, Relawan dan lainnya berbaur di lokasi banjir, diantaranya di Desa Tempuran Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Senin (6/5/2019).

Selain meninjau pemukiman warga yang masih tergenang menggunakan perahu karet, Khofifah juga melihat dari dekat dapur umum dan mengecek kesiapannya.

Atas nama Pemerintah Provinsi Jatim, Gubernur Khofifah juga menyerahkan bantuan berupa uang tunai dan paket Sembako.

“Ini hari keenam banjir yang terjadi di Desa Tempuran, kami telah berkoordinasi dengan BPWS untuk penanganan banjir,” kata Khofifah usai menyusuri wilayah banjir menggunakan perahu karet.

Guna penanganan banjir, pihaknya mengaku telah melakukan beberapa langkah, agar tidak berulang. Diantaranya dengan melakukan normalisasi sungai, perbaikan tanggul dan pengerukan sedimentasi.

“Kita sudah gelar rapat terbatas, diantaranya terkait pemetaan wilayah dengan BPWS,” ujar Khofifah.

Sementara, meski sudah lima hari pemukimannya tergenang banjir warga setempat tidak mengungsi dan memilih tetap tinggal di rumah masing-masing.

Dikatakan, selain hujan tinggi, penyebab banjir karena luapan air sungai yang ada di Sumobito. Dan, penanganannya terkoneksi dengan wilayah lain, termasuk BPWS dan DAS, tingkat nasional

Untuk diketahui, data sementara di BPBD Kabupaten Mojokerto ada 119 KK yang terdampak banjir. Jumlah itu tersebar di beberapa wilayah Dusun Tempuran, Beluk dan Bekucuk, Kecamatan Sooko.tji