Beranda aneka Dikabarkan BPKP Turun Gunung Usut Tuntas Kasus Mantingan

Dikabarkan BPKP Turun Gunung Usut Tuntas Kasus Mantingan

315
0

SIAGAINDONESIA.COM – Dikabarkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) turun gunung terjun ke Ngawi, Jawa Timur. Kabar yang beredar tersebut untuk mengaudit langsung dugaan tindak pidana korupsi pengadaan lahan relokasi SMPN 1 Mantingan yang mengakibatkan kerugian negara ditaksir mencapai Rp 1 miliar lebih.

“Kalau ndak salah seminggu di Ngawi untuk memeriksa saksi-saksi yang terlibat atau mengetahui soal kasus Mantingan itu,” terang narasumber, Senin, (06/05/2019).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, semua pihak mengaku cemas sebab permasalahan yang menyeret sejumlah nama itu tidak kunjung clear. Tidak hanya internal sekolah yang risau pihak Pemkab Ngawi pun merasa khawatir kalau toh persoalan yang ditangani Polres Ngawi tidak segera rampung.

Meski demikian Budi Sulistyono selaku Bupati Ngawi tidak bakal intervensi penanganan hukum yang dilakukan aparat kepolisian. Ia berharap semakin cepat dituntaskan tentu akan semakin baik dan tidak ‘gantung’ hingga berlarut-larut.

“Kita sepenuhnya menyerahkan persoalan itu ke hukum sama sekali tidak akan mencampuri. Harapanya yang jelas segera tuntas,” ujar Kanang sapaan akrab Bupati Ngawi.

Kanang menekankan, dalam proses hukum ditemukan bukti-bukti kuat mohon segera dilimpahkan. Dan sebaliknya apabila tidak cukup bukti segera terbitkan SP3 (Surat Perintah Penghentian Penyidikan-red). Sebab, apabila permasalahan itu terus molor akan berdampak langsung pada kerusakan bangunan sekolah.

Apalagi kini, sudah dikabarkan ada beberapa ruang kelas SMPN 1 Mantingan mengalami kerusakan pasca rencana relokasi sekolah mulai digulirkan tiga tahun lalu. Hanya saja Kanang tidak menutup mata kalau toh ada kerusakan sifatnya kecil pihaknya tidak menutup mata. Dan jelas mustahil direnovasi total mengingat bakal direlokasi. (pr)