Beranda HIGHLIGHT Kasus Gugatan KSU Arta Srikandi, Penggugat Malah Dilaporkan Polda Jatim

Kasus Gugatan KSU Arta Srikandi, Penggugat Malah Dilaporkan Polda Jatim

209
0
Kuasa hukum Robby Sulistio Handoko, Yafet Kurniawan.

SIAGAINDONESIA.COM Sidang lanjutan gugatan Robby Sulistio Handoko, Ketua Pengurus Badan Hukum Koperasi Serba Usaha (KSU) Arta Srikandi pada Win Pratignyo (tergugat I) dan Sucahyo Pratignyo (tergugat II) dan Polda Jatim cq Direktur Kriminal Umum Polda Jatim (turut tergugat), memasuki babak mediasi.

Dalam mediasi tersebut, penggugat merasa keberatan karena telah dikriminalisasi oleh tergugat I dengan dilaporkan ke pihak kepolisian dalam perkara penipuan dan atau penggelapan.

Ini sebagaimana dimaksudkan dalam pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP, yang diterbitkan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jatim, Kasubdit IV Renata selaku penyidik tertanggal 21 Januari 2019.

“(padahal) hubungan hukum antara penggugat dan tergugat I dan tergugat II adalah hubungan keperdataan. Apabila terjadi suatu sengketa maka tuntutan ganti rugi diajukan secara perdata di Pengadilan Negeri,” kata kuasa hukum Robby Sulistio Handoko, Yafet Kurniawan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (7/5/2019).

Menurut Yafet, jalur pidana yang ditempuh tergugat I telah menimbulkan kerugian secara psikis bagi penggugat, serta penggugat harus mengeluarkan biaya untuk advokat, karena penggugat orang awam hukum.

“Mohon kiranya Yang Mulia Majelis Hakim berkenan menyatakan tergugat I telah melakukan perbuatan melawan hukum kepada penggugat,” ungkap Yafet.

Dijelaskan Yafet, selama ini Robby setiap bulan telah membayarkan bunga pada kepada Win Pratignyo melalui rekening Sucahyo Pratignyo.

Namun turut tergugat (Polda Jatim) tidak mau mencantumkan keterangan penggugat tersebut ke dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) penggugat sebagai saksi. Sehingga hak-hak keperdataan penggugat untuk membala kepentigan penggugat atau memberikan keterangan secara bebas telah dibatasi oleh Turut Tergugat. Sehingga pemeriksaan penyidikan terkesan tidak adil.

1Seperti diketahui, Win Pratiknyo menjadi anggota luar biasa pada KSU Arta Srikandi sejak tahun 2012, sebagaimana kartu simpanan berjangka (SB).

Atas SB tersebut, Robby Sulistio telah memberikan bunga kepada Win Pratiknyo yang dibayarkan atau disetor melalui rekening Sucahyo Pratignyo.

Adapun semua bunga yang telah diterima oleh Win Pratiknyo dan Sucahyo Pratignyo dari ke-15 SB tersebut, sejak tahun 2012 sampai 2018 jumlahnya sebesar Rp 3.851.989.124 dan ditambah pengambilan uang pokok SB sesuai SB No 000000351 (359) sebesar Rp 150.000. Sehingga Win Pratiknyo dan Sucahyo Pratignyo telah menerima uang dari penggugat sebesar Rp 4.001.989.124.nya