Beranda Headline Sukses Kalahkan PKB, PDIP Berhak Atas Kursi Ketua DPRD Jatim

Sukses Kalahkan PKB, PDIP Berhak Atas Kursi Ketua DPRD Jatim

42
0

SIAGAINDONESIA.COM PDI Perjuangan Jatim mendulang kemenangan besar di Jatim. Dibanding Pilleg lalu PDIP Jatim mendapat tambahan 8 kursi menjadi 27 kursi atau 22,5 % suara di Jatim mengalahkan PKB. Yang artinya PDIP berhak atas kursi Ketua DPRD Jatim.

PDIP Jatim juga patut berbahagia karena kursi juga bertambah menjadi 20 kursi. Dan yang tidak kalah penting menyumbang kemenangan Jokowi dengan cukup besar.

“Alhamdulillah, rekapitulasi KPU Jatim sudah selesai. PDIP menang dengan 27 kursi DPRD Jatim, ikut mengantarkan kemenangan 65,7 persen bagi Pak Jokowi, dan meraih 20 kursi untuk DPR RI,” kata Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi di sela sela acara tasyakuran kemenangan PDIP Jatim ini di kantor DPD PDIP  Jatim, Jalan Kendangsari Surabaya, Minggu (12/5/2019).

PDIP Jatim juga menjadi jawara di tingkat kabupaten/kota dengan menang di 18 daerah dari total 38 kabupaten/kota lainnya. Adapun 20 kabupaten/kota dibagi oleh parpol-parpol lainnya.

Kusnadi mengatakan, untuk DPRD Jatim, ini merupakan kali pertama dalam sejarah PDIP meraih suara terbesar di Jatim. Sehingga bisa dipastikan PDIP akan mengirim wakilnya menjadi ketua DPRD Jatim periode 2019-2024. “Terima kasih kepada seluruh rakyat Jatim. Ini kepercayaan rakyat yang luar biasa, tidak bakal kami sia-siakan,” kata Kusnadi.

Menurut Kusnadi, ada tiga kunci kemenangan PDIP dalam Pemilu 2019. Pertama, kesolidan seluruh jaringan partai serta kerja sistematis dari para caleg. “Sudah sejak lama konsolidasi di PDIP berjalan intens. Sehingga tim sangat solid. Apalagi, semua caleg bergerak serempak,” tuturnya.

Sementara itu Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari menambahkan, di sejumlah daerah, PDIP juga berhasil mempertahankan kemenangan. Total ada 18 kabupaten/kota di Jatim yang dimenangkan PDIP, sehingga otomatis PDIP menjadi ketua DPRD kabupaten/kota setempat.

“Sekarang fokus kami memperkuat konsolidasi seluruh anggota legislatif dan eksekutif dari PDIP. Kita kawal komitmen memperjuangkan cita-cita kesejahteraan rakyat. Jadikan PDIP sebagai alat untuk membantu rakyat, membersamai rakyat dalam suka dan duka,” tutur Sri Untari.

PDIP Jatim juga menyampaikan duka untuk yang mendalam untuk anggota KPPS, PPK, dan semua penyelenggara pemilu yang wafat saat menjalankan tugas. “Kita semua berutang budi kepada para pahlawan demokrasi tersebut. Insya Allah husnul khotimah,” pungkas Sri Untari Nang