Beranda aneka Peduli Sesama, PSRS Bagi Takjil di Monkasel

Peduli Sesama, PSRS Bagi Takjil di Monkasel

3
0

SIAGAINDONESIA.COM – Berbagi berkah di bulan Ramadhan dilakukan oleh Perkumpulan Saudara Rantau Sumut (PSRS), dengan mengambil lokasi di tempat wisata Monumen Kapal Selam (Monkasel) di Surabaya, mereka membagikan takjil untuk berbuka puasa bagi mereka ada di lokasi itu, atau yang kebutan melintas, Rabu, (15/5/2019).

 

“Kegiatan PSRS ini dilakukan tiap tahun dan kali ini adalah untuk yang ketiga kalinya. Sekitar 200 menu takjil dibagikan,” kata Ketua Baksos, Irfan Harianja yang juga sebagai Wakil Ketua Tiga perkumpulan persaudaraan itu.

 

Irfan menyebut, Baksos tidak hanya dilakukan saat Ramadhan. Namun juga saat hari besar keagamaan lain, seperti saat Natal, tahun baru Cap Go Meh, juga di peringatan hari besar keagamaan Hindu, Budha dan  Khonghucu.

 

Dari rangkaian Bulan Ramadhan itu akan berlanjut dengan berbuka puasa bersama dengan anak yatim piatu, yang akan dilakukan pada 18 Mei 2019, mendatang.

 

“Untuk acara berbuka puasa bersama yatim piatu juga terjadwal digelar di tempat ini, di Monkasel. Dan dilanjutkan dengan berkunjung ke panti asuhan di dua tempat, nanti kita undang rekan-rekan media,” terang Irfan.

 

Sekjen SPRS Sarimpunan Tanjung menambahkan, wadah persaudaraan itu berdiri sejak 4 tahun silam dan sudah berbadan hukum. Anggotanya dari berbagai etnis seperti Batak, Tionghoa, India yang berasal dari Sumatera Utara.

 

“Jumlah anggotanya yang terdaftar sudah 200 orang, mereka yang  berasal dari Sumut,” tambahnya.

 

Disebutkan, SPRS berkantor di Jalan Dukuh Kupang itu selain berpartisipasi di hari besar keagamaan, juga membantu yatim piatu dan masyarakat umum yang kurang beruntung dalam sisi ekonomi. Dan, itu tidak membedakan latar belakang, suku, agama dan ras.

“Kegiatan baksos seperti ini bertujuan menumbuhkan rasa peduli kepada masyarakat tanpa membedakan ras, suku dan agamanya,” tambah Juanda Harahap yang di organisasi itu dipercaya sebagai Sekjen SPRS Bidang Seni dan Budaya.tji