Beranda News Ribuan Botol Jamu Tanpa Ijin Edar BPOM Diamankan Polrestabes Surabaya

Ribuan Botol Jamu Tanpa Ijin Edar BPOM Diamankan Polrestabes Surabaya

8
0
Ribuan Botol Jamu Tidak Dilengkapi Ijin Edar Diamankan Di Polrestabes Surabaya, (foto: Ad)

SIAGAINDONESIA.COM Unit Pidana Ekonomi Polrestabes Surabaya berhasil membongkar peredaran Jamu herbal merk Binaraci yang tak dilengkapi ijin edar BPOM RI dari CV. Loka Jaya Abadi. Polisi menyita 5.200.000 botol yang dikemas dalam 105 kardus dan mengamankan satu orang tersangka. Ia adalah Marjonlis Dauly, pemilik CV. Loka Jaya Abadi.

AKP Teguh Setiawan selaku Kanit Pidana Ekonomi Polrestabes Surabaya menjelaskan, rencananya ribuan botol ini akan di distribusikan ke Bangkalan Madura oleh pria asal Dusun Tambak Bahak RT.13/RW.06, Desa Curah Dringu, Kecamatan Tongas, Probolinggo tersebut.

“Di Madura, mereka menjual ribuan jamu ini dengan harga Rp 20 ribu per botol. Tersangka sudah beroperasi selama 6 tahun dengan keuntungan minimal Rp 20 juta per bulannya,” kata Teguh kepada awak media saat rilis di Mapolrestabes Surabaya, Kamis (16/5/2019).

Untuk mengirim ribuan botol jamu Binaraci tanpa ijin edar ini dengan menggunakan Pick Up L300 ke seorang sales yang berada di Bangkalan Madura.

Dari penangkapan ini, Polisi menyita sejumlah barang bukti diantaranya 2 (dua) unit mobil pick up, 2 (dua) lembar surat jalan dari CV. Loka Jaya Abadi, 4 (empat) buah anak kunci dan 105 dos jamu merk Binaraci.

Perbuatan tersangka dijerat dengan Pasal 196 Jo. Pasal 98 ayat 2 dan atau Pasal 197 Jo. Pasal 106 ayat 1 UU RI No.36 tahun 2009 yang dimana berbunyi, setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar, dengan ancaman hukuman pidana paling lama 10 tahun penjara. Ady