Beranda Edukasi Tiga Komunitas di Surabaya Buka Puasa Dengan Anak Yatim

Tiga Komunitas di Surabaya Buka Puasa Dengan Anak Yatim

11
0
Tiga Komunitas berbagi dengan yatim piatu

SIAGAINDONESIA.COM – Di bulan penuh berkah ini, tak disia-siakan oleh tiga komunitas untuk saling berbagi dan beramal kepada sesama. Mereka adalah Woman Online Community Surabaya (Wosca); Gerakan Sosial Sedekah Oksigen didukung Komunitas Jurnalis Surabaya. Mereka mengajak 100 anak yatim untuk berbuka puasa bersama, di Club House, Perumahan Regency Jalan Arief Rachman Hakim Surabaya, Sabtu (18/5/2019).

 

“Acara bertajuk Iftar, selain buka puasa bersama juga memberikan santunan kepada 100 anak yatim dari empat panti asuhan.

Kegiatan ini melibatkan beberapa lintas komunitas di Surabaya,” kata

Founder Woman Blitz dan President Wosca, Lilies Rolina.

 

Lilies menambahkan, di Wosca memang memiliki divisi sosial yang setiap tahunnya punya program yang berkaitan di bidang sosial.

 

Sudah selama 8 tahun berdiri, Wosca secara rutin mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial. Komunitas ini bergerak tak hanya untuk mencari keuntungan bisnis, tetapi juga untuk wadah sosial seperti membuka networking, cari ilmu dan berbagi pada sesama lewat kegiatan sosial yang diselenggarakan.

 

“Kalau tahun ini kita mengundang teman-teman panti asuhan untuk bisa berdoa dan berbagi bersama, dan pasti pinginnya berkelanjutan,” ujarnya.

 

Wosca merupakan organisasi pengusaha online yang berdomisili di wilayah Gerbang Kertosusilo. Sebuah wadah untuk pemilik Online Shop yang selalu ingin mengembangkan diri dan bisnis. Saat ini anggota resmi Wosca telah mencapai 100 orang lebih yang didominasi oleh perempuan.

 

Kemudian, Esti Mega Ekawati, mewakili Gerakan Sosial Sedekah Oksigen yang sekaligus sebagai Ketua panitia Iftar bersama 100 anak Yatim itu menambahkan, kegiatan sosial semacam ini rutin dilakukan oleh komunitasnya.

 

Kata Esti, Gerakan Sosial Oksigen adalah organisasi yang secara rutin melakukan kegiatan sosial. Dalam kiprahnya Sedekah Oksigen mengedepankan rasa Empati, Mandiri, Kemanusiaan, Etika, Sinergi dan No-cash. Yakni rasa welas asih yang mendorong Sedekah Oksigen melakukan perbuatan baik.

 

Serta tidak berafiliasi pada organisasi massa atau sosial politik tertentu. Tidak memandang beda ras, agama, jenis kelamin, suku bangsa dalam memberikan bantuan. Menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan universal dalam pengumpulan donasi dan pembagiannya.

 

Terbuka dan menjalin kerja sama dengan komunitas serupa yang memiliki visi dan nilai yang sama dalam kemanusiaan, mengusahakan bantuan berupa barang atau jasa sesuai kebutuhan bukan berupa pemberian uang cash.

 

Ikut hadir diantaranya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Ery Cahyadi, yang mengapresiasi kegiatan itu.

 

Menurutnya, komunitas Wosca yang didominasi perempuan, tak hanya bergerak mencari keuntungan bisnis, namun juga mau berkegiatan lain yang bermanfaat langsung ke masyarakat.

 

“Mudah-mudahan ke depan Pemkot Surabaya bisa berkolaborasi dengan komunitas ini dalam menyambut Industri 4.0. Karena saya yakin komunitas ini bisa lebih besar lagi,” kata Ery Cahyadi.

 

Sementara perwakilan Komunitas Jurnalis Surabaya, yang sehari-hari ngepos di Pemkot Surabaya, S Wanto menambahkan, kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk mengambil berkah di bulan suci Ramadhan.

 

“Kami sangat mendukung kawan-kawan komunitas dari Wosca dan Sedekah Oksigen yang peduli dan berbagi kepada anak Yatim di bulan Ramadhan ini. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan berbagi kepada adik yatim ini,” kata Wanto.

 

Pria yang juga menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Koran Nusantara ini menuturkan, anak-anak adalah aset bangsa yang harus dijaga, sebab nantinya mereka bakal menjadi seorang pemimpin. Dia berharap, ke depan anak-anak itu bisa menjadi orang-orang yang berguna bagi bangsa dan negara.

 

“Mudah-mudahan mereka anak – anak Yatim menjadi anak yang sholeh, berbakti dan peduli, serta nantinya kelak akan menjadi orang-orang yang berarti bagi bangsa dan negara ini,” pungkas pria yang suka humor dan suka bergaul dengan siapa saja ini.tji