Beranda Headline 1200 Massa Digagalkan Polda Jatim Ikuti Aksi People Power

1200 Massa Digagalkan Polda Jatim Ikuti Aksi People Power

41
0
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, (foto: Ad)

SIAGAINDONESIA.COM Untuk pencegahan massa yang ikut dalam aksi People Power atau Tour Jihad yang akan berlangsung 22 Mei 2019 besok, Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) hingga hari ini mengklaim telah menggagalkan 1200 orang yang hendak berangkat ke Jakarta.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, massa yang dicegah keberangkatannya oleh petugas, berasal dari sejumlah daerah di Jawa Timur. Seperti Malang Kota dan Kabupaten, Tulungagung, Madiun hingga berasal dari Bangkalan Madura.

“Yang dari Madura kita hentikan di Jembatan Suramadu, ada 3 elf 56 orang. Kami negoisasi cukup ketat, akhirnya Alhamdulillah mereka setelah diberi pemahaman. Setelah Sahur di Jembatan Suramadu dan kita dampingi, mereka kembali,” kata Kapolda Luki kepada awak media, Senin (20/5/2019).

Menurut Kapolda, sebelumnya pihaknya telah mengamankan 4 orang yang diduga yang terlihat dalam kegiatan Tour Jihad to Jakarta. Dan keempat orang tersebut memiliki peran dan tugas masing-masing.

“Kita telah mengamankan berinisial A, M, F dan C dengan tugas masing-masing. Ada yang menjadi pendahara, koordinator, yang membuat akun dan yang menyuruh,” imbuh Kapolda Jatim.

Bahkan terbaru, Irjen Luki menambahkan menggagalkan keberangkatan puluhan orang dari Kalimantan Selatan yang akan mengikuti aksi People Power ke Jakarta tersebut. Mereka diamankan ketika tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Pagi ini di pelabuhan (Tanjung Perak, Surabaya) dari Kalimantan Selatan ada 24 orang. Yang sampai sekarang masih di pelabuhan kami jaga ketat,” tandas Luki. Ady