Beranda aneka Lantaran SE Bupati, Pilkades Serentak Di Ngawi Mulai Memanas

Lantaran SE Bupati, Pilkades Serentak Di Ngawi Mulai Memanas

259
0

SIAGAINDONESIA.COM – Memanasnya suhu politik tidak saja terjadi menjelang rekapitulasi suara Pilpres 2019. Hal yang sama juga terjadi menjelang pelaksanaan Pilkades serentak yang diikuti 178 desa se-Kabupaten Ngawi pada 29 Juni 2019 mendatang. 

 

Seperti di Desa Baderan, Kecamatan Geneng, Ngawi hingga kini pihak panitia desa belum menetapkan calon kepala desa. Molornya penetapan tersebut lantaran terbitnya Surat Edaran (SE) Bupati Ngawi Nomor : 140/5.688/404.112/2019 tertanggal 10 Mei 2019.

 

Akibat surat sakti versi Bupati Ngawi itu pun dianggap terlambat oleh bakal calon kepala desa. Padahal tahapan pendaftaran dan penjaringan bakal calon alias balon dimulai 18 April 2019. 

 

Dalam poinya SE Bupati Ngawi itu menyebutkan setiap balon yang pernah tersangkut permasalahan hukum harus mengumumkan secara terbuka kepada masyarakat sebelum ditetapkan sebagai calon kepala desa. 

 

Adanya surat edaran tersebut Suyoto alias Cong salah satu balon kepala desa Baderan menilai SE Bupati Ngawi sangat terlambat jika dibandingkan dengan proses penjaringan. 

 

Namun apapun alasanya, Cong harus mengumumkan didepan publik masyarakat Desa Baderan jika dirinya pernah tersandung hukum dan dinyatakan inkrah atau hukum tetap oleh pengadilan.

 

“Saya positif saja hanya surat edaran itu (SE Bupati Ngawi-red) sedikit terlambat seharusnya dikeluarkan sebelum pendaftaran. Sebelum ditetapkan saya sudah mengumumkan sebagaimana ketentuan dalam surat itu,” terang Cong.

 

Hanya saja Cong berharap proses penetapan calon kepala desa pada 23 Mei 2019 nanti pihak panitia harus transparan. Jangan sampai peristiwa 2017 terulang yang berujung ke meja PTUN. Apalagi Baderan sejak saat itu hingga tahun ini belum ada pejabat kepala desa difinitif. (pr)