Beranda aneka Kades dan Kepala BPD Se Kabupaten Gresik Diwajibkan Paham Tentang Perda

Kades dan Kepala BPD Se Kabupaten Gresik Diwajibkan Paham Tentang Perda

24
0

SIAGAINDONESIA.COM Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2019, yang akan diselenggarakan secara serentak pada 31 Juli mendatang. Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, berharap pelaksanaannya berjalan dengan kondusif dan aman.

Hal tersebut, dikemukakan Bupati dihadapan para Kepala Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD dan Kasie Pemerintahan Kecamatan se Kabupaten Gresik. Dalam penyempaian dan pemahaman terkait, Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Badan Permusyawaratan Desa dan juga Perda Kabupaten Gresik terkait pedoman pencalonan, pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa.

Ada beberapa point yang disampaikan Bupati kepada para Kepala Desa dan Ketua BPD. Pertama, meminta pelaksanaan tata kelola pemerintahan di desa bisa berjalan dengan baik. Utamanya dalam menggunakan anggaran APBDes, Bupati ingin penggunaannya transparan dan dapat diketahui masyarakat.

“Peran kepala desa, perangkat desa, ketua BPD hingga masyarakat harusmatching atau berjalan searah setujuan. Output dan outcome-nya pun harus jelas. Sebab, masyarakat ikut mengawasi dan pemerintah desa harus menyampaikan secara transparan kepada masyarakat,” imbaunya.

Kedua, tata kelola keuangan dan manajerial di pemerintahan desa harus akuntabel dan dapat diterima oleh masyarakat. Karena setiap ada usulan pembangunan atau usulan program pasti melibatkan masyarakat, jadi masyarakat jangan disepelekan,” ujarnya.

Ketiga, peran masyarakat dalam menyampaikan usulan program dan pembangunan merupakan hal yang sangat penting menurut Bupati Sambari. “Maka tiap usulan, ajak tokoh masyarakat, tokoh agama dan elemen masyarakat yang lain sehingga nantinya pembangunan di desa dapat berjalan sesuai dengan harapan,” tandasnya.

Diakhir pesannya, Bupati Sambari juga menegaskan agar pelaksanaan tata kelola pemerintahan desa taat terhadap aturan dan juga tertib administrasi.

“Apabila empat hal yang saya sampaikan tadi dapat dilaksanakan, maka pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Gresik ditingkat desa dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan masyarakat, sehingga mampu memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya, Rabu (22/5/2019). Zer