Beranda aneka Pekan Lebaran 2019, TMII Targetkan 500 Ribu Pengunjung

Pekan Lebaran 2019, TMII Targetkan 500 Ribu Pengunjung

8
0
Pekan Lebaran 2019
Pekan Lebaran 2019

SIAGAINDONESIA.COM Bagi Anda yang tidak sempat pulang ke kampung halaman, berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur tampaknya bisa menjadi obat penghilang rasa rindu kampung halaman. Pasalnya selama libur Lebaran, tempat wisata ini menawarkan acara Pekan Lebaran 2019 yang di gelar mulai 5 hingga 23 Juni 2019 dengan mengusung tema “Lebaran di TMII Serasa Pulang Kampung”.

Menurut Ketua Panitia Pekan Lebaran 2019 Dwi Rahaju Atmodjo, pihaknya mengajak masyarakat yang tidak mudik dapat berkunjung ke TMII, berwisata ke anjungan-anjungan daerah dan wahana rekreasi. Di TMII, tampil 33 anjungan yang turut dimeriahkan dengan pagelaran ragam kesenian tari dan lagu daerah.

“Bagi masyarakat yang tidak berkesempatan mudik lebaran bisa berkunjung ke TMII untuk mengobati rasa rindu kampung halaman dan pengunjungpun dapat menikmati gelaran seni budaya daerah maupu masakan khas daerah. manajemen TMII telah mempersiapkan berbagai ragam acara untuk pengunjung. Pagelaran seni budaya menarik yang digagas apik memberikan kepuasaan bagi pengunjung,” kata Ketua Panitia Pekan Lebaran pada konferensi pers di ruang Perpustakaan TMII, Jakarta Timur, Senin (27/5/19) sore.

Menurutnya, jadi untuk Lebaran tahun 2019 ini pada pekan lebaran mulai tanggal 5 hingga tanggal 23 Juni 2019 akan menyedot banyak pengunjung untuk menikmati keindahan di TMII maupun aneka seni budaya yag di suguhkan ini. “Kali ini TMII targetkan adalah 500 ribu pengunjung yang sebelumnya target 400 ribu berhasil kita capai dan mudah-mudahan di tahun ini targetnya mencapai. Demi kenyamanan pengunjung TMII menyiapkan petugas-petugas di setiap titik keramain dari unsur satuan pengamanan TNI-Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan semuanya kita libatkan sekitar 100 orang personil,”paparnya.

Dwi menjelaskan, bahwa Pekan Lebaran nanti akan dimulai dengan suguhan musik dan lagu gambus di Panggung Putra Pendowo pada 5 Juni 2018. Masih di tanggal yang sama, ditampilkan musik siteran dan aneka lagu daerah akan menghibur pengunjung di panggung dermaga dan panggung Dunia Air Tawar.

“Nantinya akan ada 4 panggung yang disediakan pihak TMII untuk memeriahkan acara dan mengibur pengunjung yakni Panggung Putra Pendowo, Panggung Dermaga Seni, Panggung Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga serta Panggung Museum Migas. Panggung-panggung tersebut nantinya akan berisikan pagelaran campur sari, musik gambus, gambang kromong, musik dangdut, tarling Cirebon, musik kroncong, lagu pop, musik siteran dan lain sebagainya,”jelas Dwi.

Tak hanya itu, kata Dwi, demi terlampauinya target pengunjung yang diharapkan ini, TMII juga menyediakan bazar aneka produk fashion, aksesoris, kuliner serta UKM. Bazar ini nantinya akan berada di Parkir Selatan, Museum Indonesia, Borobudur Mini dan di depan Istana Anak-Anak.

“Tentunya kita berharap bahwa tidak hanya menyediakan lokasi tapi juga segi hiburan yang mendukung serta kesenian tradisional dari daerah mereka. Dengan adanya makanan-makanan daerah yang disajikan, tentunya akan membuat pengunjung melepas kangennya di kampung halamannya menikmati mencicipi masakan khas darah,”harapnya.

Dwi menambahkan, Anjungan daerah juga menggelarkan aneka kesenian tari dan lagu. Unit-unit rekreasi seperti kereta gantung, Teater IMAX Keong Emas, Snowbay, Skyworld, Taman Burung, Dunia Air Tawar, Istana Anak-anak Indonesia siap melayani pengunjung selama pekan Lebaran 2019.

“Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga TMII mempersembahkan koleksi unik berupa Ikan Arwana kepala dua dab ikan Arwana Kuda Lumping, selain itu juga di perkenalkan tampilan baru dari Aquarium Nusantara berisikan 33 aquarium berdasarkan jumlah provinsi di Indonesia. Para pengunjung dapat menyaksikan uniknya cara makan pada kegiatan Feeding show ikan Arapaima, ikan Piranha, Ikan Tapah, dan Ikan Sumpit. Sementara di dunia serangga pengunjung dapat mencicipi langssung madu Asli dari Lebah Trigona yang berada di Area Tematik dunia serangga, permainan edukasi di Insect Gamezone serta dapat melihat langsung Taman serangga yang berisi kumbang, Serangga Air, cantiknya taman kupu-kupu, eksostisnya belalang ranting dan belalang kupu-kupu,”[email protected]