Beranda News Tekan Angka Laka Lantas, Puluhan Sopir Bus dan Angkutan Umum Kabupaten Kediri...

Tekan Angka Laka Lantas, Puluhan Sopir Bus dan Angkutan Umum Kabupaten Kediri Jalani Tes Urine

10
0
Kapolres Kediri, AKBP Roni Faisal Saiful Faton, S.I.K Pimpin Kegiatan Test Urine Sopir Bus, (foto: Ad)

SIAGAINDONESIA.COM Memastikan kenyamanan saat perjalanan arus mudik jelang lebaran, puluhan sopir bus dan angkutan umum di Kabupaten Kediri menjalani test urine. Petugas gabungan terdiri dari Satlantas Polres Kediri, Satresnarkoba Polres Kediri, BNN Kabupaten Kediri, Koramil Pare, Dinas Perhubungan dan Tim Kesehatan Klinik Pratama Polres Kediri juga mengecek kelengkapan dan kelayakan armada bus.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal Saiful Faton, S.I.K yang didampingi oleh Kasat Lantas Polres Kediri dan Kadishub Kab. Kediri, serta Kepala BNN Kab. Kediri yang berlangsung di Pos Lantas Badas.

Kasatlantas Polres Kediri AKP Hendry ibnu Indarto, S.H., S.I.K. menuturkan bahwa selain pengecekan urine awak bus, cek kesehatan juga dilakukan untuk memastikan para sopir dalam keadaan sehat. Tidak hanya itu, pengecekan dilakukan bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Polres Kediri.

“Kita cek urine sopir, apakah terindikasi mengkonsumsi narkoba dan zat aditif lainnya, selain itu kita cek juga kesehatannya,” kata Hendry kepada awak media, Rabu (29/5/2019).

Tidak hanya mengecek kondisi sopir, juga melakukam pengecekan kelengkapan pada kendaraan bermotor seperti pengecekan pada ban kendraan, apakah ban tersebut masih memungkinkan atau layak jalan atau tidak, hasil dari pemeriksaan sampai saat ini belum ditemukan adanya temuan termasuk kelengkapan rem kendaraan masih layak untuk jalan.

“Kondisi kendaraan juga kami cek bersama dengan Dishub Kab. Kediri, tujuannya untuk memastikan mudik lebaran tahun ini lancar dan Zero Accident,” imbuhnya.

Dari hasil pengecekan, tak ditemukan sopir yang positif narkoba. Seluruh armada bus dan angkutan umum juga dipastikan dalam keadaan layak.

Kapolres mengungkapkan bahwa Kami akan terus melaksanakan pemeriksaan ini untuk kenyamanan bagi masyarakat dan penumpang juga untuk keselamatan kendraan serta para pemudik.

“Kami menghimbau para penyedia jasa transfortasi atau pengguna jasa transfortasi agar memperhatikan peraturan-peraturan yang ada, terkait kelayakan jalan, kelayakan kendaraan bermotor, karena ini bukan berpengaruah ada dirinya sendiri namun juga pada pengguna jalan lainnya,” pungkasnya. Ady