Beranda News Tiga Mucikari Vanessa Masing-masing Divonis 5 Bulan Penjara

Tiga Mucikari Vanessa Masing-masing Divonis 5 Bulan Penjara

14
0
Persidangan Tiga Mucikari Vanessa Digelar Secara Bergantian, (foto: Ad)

SIAGAINDONESIA.COM Tiga terdakwa, Endang Suhartini alias Siska, Tentri Novanta atau TN dan Intan Permatasari Winindya Chasanovri alias Nindy divonis Majelis Hakim Dwi Purwadi, masing-masing 5 bulan penjara.

Ketiganya merupakan mucikari kasus prostitusi online yang turut menyeret artis FTV, Vanessa Adzania alias Vanessa Angel.

Kali ini, sidang dengan agenda putusan ini digelar di ruang Garuda I Pengadilan Negeri (PN) Surabaya ini berlangsung terbuka untuk umum.

Putusan Hakim lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut tiga terdakwa 7 bulan penjara.

“Mengadili, menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa selama 5 bulan penjara dan denda sebesar Rp 5 juta, dengan subsider 1 bulan kurungan, jika tidak bisa membayar denda,” kata Majelis Hakim Dwi Purwadi, Rabu (29/5/2019).

Ada dua hal yang dijadikan sebagai pertimbangan Majelis Hakim. Hal yang memberatkan terdakwa adalah terbukti secara sah dan meyakinkan turut serta dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

“Perbuatan terdakwa telah melanggar Pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 ayat 1 UU RI No. 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” lanjutnya.

Sedangkan hal yang meringankan (terdakwa) berlaku sopan dalam persidangan serta mengakui kesalahannya.

Setelah berkonsultasi dengan tim kuasa hukum, ketiga mucikari sepakat menerima vonis dari Majelis Hakim tersebut.

“Menerima majelis hakim,” kata Siska, Salah satu mucikari dihadapan Majelis Hakim. Ady