Beranda aneka Sebanyak 660 Orang Peserta Mudik Gratis Diberangkatkan Dari Halaman Kantor Bupati Gresik

Sebanyak 660 Orang Peserta Mudik Gratis Diberangkatkan Dari Halaman Kantor Bupati Gresik

5
0

SIAGAINDONESIA.COM Bupati beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gresik, secara simbolik memberangkatkan 660 orang peserta mudik gratis Lebaran 2019 atau hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Kegiatan tersebut, merupakan kerjasama antara Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Gresik, Sabtu (1/6/2019).

“Pada mudik gratis 2019 ini, diikuti oleh 660 orang peserta yang terbagi dalam 12 bus dengan tujuan bervariasi. Mulai, Lamongan, Bojonegoro, Banyuwangi, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Blitar, Malang, Tulungagung, Trenggalek, Pacitan, Mojokerto, Madiun, Ponorogo, Nagawi dan Magetan,” kata, Kepala Dishub Gresik Nanang Setiawan.

Kuota mudik gratis tahun ini, langsung diserbu peminat. Sehingga, mulai hari pertama dibuka pendaftaran hanya beberapa hari setelah itu langsung terpenuhi. Bahkan, kami harus menolak beberapa pemohon karena keterbatasan kuota,” ujarnya.

Di tambahkan Nanang, untuk kuota tahun 2019 menurun dibandingkan tahun 2018 lalu. Sebab, tahun lalu bus yang disediakan sebanyak 15 unit tapi tahun ini hanya 12 unit.

Peserta mudik gratis 2019 yang terdaftar berasal dari berbagai kalangan, mulai buruh maupun pekerja swasta. Namun, rata-rata merupakan karyawan pabrik yang ada diwilayah Gresik,” tuturnya.

“Tujuan dari pelaksanaan program mudik gratis ini, merupakan salah satu upaya untuk mengurangi volume kendaraan dan kecelakaan lalu lintas di beberapa ruas jalan. Khususnya, para pengendara roda dua,” tukasnya.

 

Selain itu, dengan mudik gratis akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat saat mudik lebaran ke kampung halaman. Mereka dapat beristirahat di dalam bus, sekaligus bisa menikmati kebersamaan dengan pemudik lainnya dalam perjalanan,” tandasnya. 

Pada kesempatan itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto berharap Kadishub untuk mengikutsertakan satu orang anggotanya pada setiap bus.

“Tolong Kepala Dinas Perhubungan untuk menyertakan anggotanya yang bertanggung jawab dan memastikan pemudik diantar sampai ke kota tujuannya. Kalau kesasar Dishub bertanggungjawab untuk mencarikan kendaraan hingga sampai tempat tujuan pemudik,” imbaunya. Zer